Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Covaxin untuk Anak Usia 2 Tahun

Kompas.com - 14/10/2021, 08:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber REUTERS


KOMPAS.com - Pemerintah India resmi rekomendasikan vaksin Covid-19 buatan sendiri untuk anak usia 2 tahun ke atas. Vaksin Covaxin ini dikembangkan Bharat Biotech, perusahaan pengembang vaksin dari India.

Sebelumnya, vaksin Covid-19 tersebut telah mendapat persetujuan penggunaan darurat untuk anak usia 12 tahun.

Vaksin virus corona tersebut juga menjadi vaksin Covid-19 pertama di India yang mendapat persetujuan setelah meninjau data uji coba untuk kelompok anak usia 2 tahun hingga 18 tahun.

Dilansir dari Reuters, Rabu (13/10/2021), keputusan untuk merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk anak usia 2 tahun ini muncul saat India mengalihkan fokusnya untuk memvaksinasi anak-anak dan melindungi kelompok ini dari potensi infeksi Covid-19.

Baca juga: Pertama di Dunia, Vaksin Covid-19 Berbasis DNA Buatan India

 

Sebelumnya, India telah meluncurkan lebih dari 950 juta dosis vaksin Covid-19 untuk orang dewasa di antara populasi di negara ini yang mencapai 1,4 miliar penduduk.

Covaxin adalah vaksin Covid-19 yang dikembangkan Bharat Biotech yang menggunakan virus corona yang tidak aktif atau inactivated viruses dengan penguat kekebalan.

Vaksin tersebut adalah di antara tiga suntikan yang digunakan di India sebagai bagian dari upaya vaksinasi Covid-19 untuk orang dewasa.

Sedikitnya telah lebih dari 110 juta dosis vaksin Covaxin dari India yang telah diberikan dan perusahaan sedang dalam proses mengamankan daftar penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), keputusan tersebut diharapkan dapat keluar akhir bulan ini.

Baca juga: Mengenal 2 Vaksin Covid-19 Buatan India, Covaxin dan Covishield

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com