Kompas.com - 14/10/2021, 08:01 WIB
Seorang wanita India berswafoto saat petugas kesehatan memberikan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Wanita Pemerintah Distrik di Varanasi, India, Sabtu, 28 Agustus 2021. AP PHOTO/RAJESH KUMAR SINGHSeorang wanita India berswafoto saat petugas kesehatan memberikan vaksin Covid-19 di Rumah Sakit Wanita Pemerintah Distrik di Varanasi, India, Sabtu, 28 Agustus 2021.


KOMPAS.com - Pemerintah India resmi rekomendasikan vaksin Covid-19 buatan sendiri untuk anak usia 2 tahun ke atas. Vaksin Covaxin ini dikembangkan Bharat Biotech, perusahaan pengembang vaksin dari India.

Sebelumnya, vaksin Covid-19 tersebut telah mendapat persetujuan penggunaan darurat untuk anak usia 12 tahun.

Vaksin virus corona tersebut juga menjadi vaksin Covid-19 pertama di India yang mendapat persetujuan setelah meninjau data uji coba untuk kelompok anak usia 2 tahun hingga 18 tahun.

Dilansir dari Reuters, Rabu (13/10/2021), keputusan untuk merekomendasikan vaksin Covid-19 untuk anak usia 2 tahun ini muncul saat India mengalihkan fokusnya untuk memvaksinasi anak-anak dan melindungi kelompok ini dari potensi infeksi Covid-19.

Baca juga: Pertama di Dunia, Vaksin Covid-19 Berbasis DNA Buatan India

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelumnya, India telah meluncurkan lebih dari 950 juta dosis vaksin Covid-19 untuk orang dewasa di antara populasi di negara ini yang mencapai 1,4 miliar penduduk.

Covaxin adalah vaksin Covid-19 yang dikembangkan Bharat Biotech yang menggunakan virus corona yang tidak aktif atau inactivated viruses dengan penguat kekebalan.

Vaksin tersebut adalah di antara tiga suntikan yang digunakan di India sebagai bagian dari upaya vaksinasi Covid-19 untuk orang dewasa.

Sedikitnya telah lebih dari 110 juta dosis vaksin Covaxin dari India yang telah diberikan dan perusahaan sedang dalam proses mengamankan daftar penggunaan darurat dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), keputusan tersebut diharapkan dapat keluar akhir bulan ini.

Baca juga: Mengenal 2 Vaksin Covid-19 Buatan India, Covaxin dan Covishield

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber REUTERS
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.