Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Oktober Hari Penglihatan Sedunia, Ini Cara Menjaga Kesehatan Mata

Kompas.com - 13/10/2021, 21:12 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comHari Penglihatan Sedunia dirayakan setiap tanggal 14 Oktober. Untuk memperingati Hari Penglihatan Mata, penting untuk menjaga kesehatan mata kita.

Cara menjaga kesehatan mata

Dilansir dari WebMD, berikut adalah cara menjaga kesehatan mata.

1. Makan makanan bergizi

Kesehatan mata dimulai dari makanan yang Anda makan. Mata membutuhkan nutrisi asam lemak omega-3, lutein, zinc, vitamin C dan E. Nutrisi tersebut mampu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit degenerasi pada mata dan katarak.

Contoh makanan yang baik untuk kesehatan mata adalah sayuran hijau, ikan-ikanan, telur, kacang-kacangan, jeruk, dan tiram.

2. Berhenti merokok

Asap rokok berisiko menyebabkan katarak, merusak saraf mata, dan menyebabkan degenerasi makula. Oleh karena itu, sangat penting untuk berhenti merokok dan menghindari asap rokok.

3. Menggunakan kacamata hitam

Kacamata hitam perlu digunakan untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet. Terlalu banyak paparan sinar ultraviolet akan meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan kacamata hitam untuk mencegah hal tersebut.

Baca juga: Mengenal Penyebab AMD, Penyakit Mata Progresif Penyebab Kebutaan

4. Menggunakan kacamata pelindung

Ketika Anda melakukan kegiatan yang berisiko terpapar benda yang berbahaya bagi mata, gunakanlah kacamata pelindung atau goggles. Contohnya, ketika bekerja di laboratorium dengan bahan-bahan kimia.

5. Jangan memandang layar terlalu lama

Memandang layar ponsel atau komputer terlalu lama, bisa menyebabkan masalah pada mata. Masalahnya antara lain mata lelah, pandangan kabur, sulit fokus pada benda yang jauh, mata kering, dan sakit kepala.

Untuk mencegah hal ini terjadi, istirahatkan mata setiap 20 menit dengan memandang benda yang jauh selama 20 detik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com