Mengapa Gigi Geraham Bungsu Baru muncul Saat Dewasa? Ini Penjelasan Ilmuwan

Kompas.com - 12/10/2021, 21:44 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Dibandingkan dengan primata lainnya seperti simpanse, manusia mendapatkan gigi gerahamnya sangat terlambat.

Simpanse mendapatkan semua set lengkap giginya pada saat mereka matang secara seksual, yaitu saat mereka berusia 12 tahun.

Sementara manusia, mendapatkan gigi geraham bungsu mereka di akhir masa remaja, bahkan di usia dewasa.

Misteri geraham ini sulit dipecahkan, meskipun kemunculannya memainkan peran penting dalam melacak perubahan dalam evolusi kita.

Baca juga: Tulang Rahang dengan Gigi Geraham Manusia Purba Ditemukan di Sulawesi

Tetapi belum lama ini, para peneliti dari University of Arizona di AS tampaknya telah menemukan jawabannya.

Melansir Science Alert, antropolog dan penulis utama penelitian, Halszka Glowacka mengatakan, salah satu misteri perkembangan biologis manusia adalah bagaimana kaitan yang tepat antara munculnya gigi gerahan dan munculnya sejarah kehidupan.

Dengan bantuan Gary Schwartz, ahli paleoantropologi dari Institut Asal Usul Manusia Universitas Arizona, Glowacka mengumpulkan contoh tengkorak yang berbeda untuk membandingkan perkembangannya.

Penelitian yang telah dipublikasikan di Science Advances ini, mengubah tulang dan gigi dari 21 spesies primata menjadi model 3D, para peneliti dapat mengetahui, bahwa gigi geraham dewasa kita banyak berkaitan dengan keseimbangan biomekanik di tengkorak kita yang sedang tumbuh.

Bentuk gigi dewasa yang kita gunakan untuk menggiling makanan menjadi lembut biasanya muncul dari gusi dalam tiga tahap – sekitar usia 6, 12, dan 18 tahun.

Tapi, primata lain mendapatkan geraham dewasa mereka di usia yang lebih awal.

Untuk semua kesamaan dalam tahap pertumbuhan, simpanse (Pan troglodytes) mendapatkan geraham mereka pada 3, 6, dan 12.

Kemudian Babon kuning (Papio cynocephalus) memiliki geraham dewasa terakhir pada usia tujuh tahun, dan sementara kera rhesus (Macaca mulatta) semua giginya telah didapatkan pada saat mereka berusia enam tahun.