Kompas.com - 10/10/2021, 21:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Atmosfer memiliki lima lapisan yang menyelimuti Bumi, yakni troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer (ionosfer), dan eksosfer.

Stratosfer adalah lapisan udara yang bersuhu dingin dan hanya ditempati oleh ozon. Sebagaimana lapisan atmosfer lainnya, stratosfer juga memiliki ciri dan manfaat tersendiri.

Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat lapisan udara stratosfer dan ciri-cirinya, dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Manfaat lapisan udara stratosfer

Manfaat lapisan udara stratosfer bagi kehidupan manusia adalah melindungi dari gelombang radiasi ultraviolet yang sangat membahayakan jika terkena kulit manusia.

Lapisan udara stratosfer mempunyai pengaruh yang sangat penting karena pada lapisan ini cahaya dari Matahari tidak akan langsung masuk ke Bumi, melainkan akan diserap.

Baca juga: Apa Fungsi Lapisan Ozon di Atmosfer?

Dilansir dari Stanford Health Care, paparan radiasi ultraviolet dapat menyebabkan sejumlah kondisi kesehatan, yakni:

  • Kanker kulit
  • Penuaan dini
  • Katarak dan gangguan mata lainnya
  • Kerusakan sistem kekebalan tubuh

Jika aktivitas manusia semakin mengakibatkan kerusakan, seperti penebangan pohon secara masif, dapat menyebabkan lapisan ozon di dalam stratosfer semakin tipis.

Dilansir dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DI Yogyakarta, sebayak 90 persen konsentrasi ozon terdapat di stratosfer di ketinggian 35-45 km di atas permukaan Bumi.

Lapisan ozon yang kian tipis dapat menyebabkan peningkatan radiasi sinar UV-B yang berdampak pada kerusakan sistem perlindungan alami makhluk hidup.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Peningkatan Hidrogen di Atmosfer, Ini Penyebabnya

Karakter lapisan udara stratosfer

Beberapa karakter lapisan udara stratosfer adalah sebagai berikut:

1. Tempat lapisan ozon

Lapisan ozon merupakan sub atau bagian dari lapisan udara stratosfer. Perbedaan temperatur akan tampak pada lapisan ini, contonya adalah perbedaan tekanan, udara, dan suhu.

2. Lapisan pembatas stratopause

Stratosfer memiliki lapisan pembatas. Pada lapisan ini suhu relatif stabil, yaitu kisaran suhu 5 derajat celcius.

Adapun bagian lapisan udara stratofer adalah lapisan isotherm, lapisan panas, dan lapisan campuran teratas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.