Apakah Paus Kentut dan Bersin? Pakar Menjawab

09/10/2021, 20:30 WIB
Apakah paus kentut dan bersin? - Guy, usia 8 tahun di Sydney, Australia

Oleh: Vanessa Pirotta

SAYA sudah lama menanti pertanyaan semacam ini!

Saya banyak membahas ingus paus dalam penelitian saya (ya, paus memiliki ingus), dan saya sangat bersemangat untuk membahas hal ini juga.

Mari kita bahas dari ujung belakang: kentut

Ya, ikan paus juga kentut, lho. Apakah kamu bisa membayangkan seberapa besar ukuran gelembung air dari kentut hewan terbesar di dunia, yaitu paus biru?

Saya sendiri belum pernah melihat langsung kejadian ini, tetapi saya mengenal beberapa ilmuwan beruntung yang pernah melihat paus bungkuk (humpback whale) kentut. Mereka menceritakan bahwa kentut paus terlihat seperti gelembung yang keluar dari bawah tubuhnya di dekat bagian ekor. Di situlah letak pantat ikan paus —- lubang sembur yang cukup bau.

Paus adalah mamalia, sama seperti kita. Ini berarti mereka menghirup udara, melahirkan, memberikan susu kepada anak-anak mereka, dan juga memiliki rambut, biasanya dalam bentuk kumis di sekitar mulut mereka. Mereka juga memiliki proses pencernaan yang membantu mereka memecah makanan.

Baca juga: Paus Berkaki Empat Hidup di Bumi 43 Juta Tahun yang Lalu

Berbeda dengan manusia, paus tidak mengunyah makanannya tetapi menelannya utuh. Paus balin atau paus ompong, misalnya, menggunakan struktur di dalam mulut mereka yang berbentuk seperti rambut panjang untuk memakan kril dan ikan. Makanan mereka kemudian dipecah lagi di empat ruang perut.

Saat tubuh mereka mencerna makanan ini (dengan bantuan asam lambung), paus menghasilkan gas, yang kemudian dilepaskan sebagai kentut dan akhirnya menjadi kotoran.

Bahkan, kotoran paus adalah salah satu kotoran yang paling keren di dunia hewan. Kotoran paus biru bisa berwarna oranye terang!

Kembali ke ujung depan: apakah paus bersin?

Jawabannya singkatnya, tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.