Kompas.com - 08/10/2021, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah studi baru yang dipimpin oleh para peneliti di American Museum of Natural History mengungkapkan, jika kungkang purba tak 100 persen memakan tumbuhan seperti kerabatnya yang masih hidup saat ini.

Kungkang tanah yang hidup di Amerika Selatan hingga sekitar 10.000 dan 12.000 tahun yang lalu menurut peneliti merupakan omnivora alias pemakan segala.

Hal tersebut terungkap berdasarkan analisis kimia asam amino yang terawetkan di bulu kungkang Mylodon darwinii. Hewan raksasa ini diketahui memakan daging atau protein hewani lain selain tanaman.

Baca juga: Selamatkan Spesies Langka, Ilmuwan Ciptakan Robot Kungkang

Temuan yang dipublikasikan di jurnal Scientific Reports tersebut bertentangan dengan asumsi sebelumnya di lapangan.

"Kami sekarang memiliki bukti kuat yang bertentangan dengan anggapan lama bahwa semua kungkang adalah herbivora," kata Julia Tejada, penulis utama studi ini seperti dikutip dari Phys, Jumat (8/10/2021).

Meski enam spesies kungkang yang hidup saat ini semuanya relatif kecil tubuhnya serta pemakan tumbuhan, tetapi ratusan fosil kungkang yang berhasil ditemukan mengungkapkan jika hewan ini berukuran raksasa.

Beberapa kungkang purba yang bisa sebesar gajah itu menjelajah lanskap kuno dari Alaska ke ujung selatan Amerika.

Mylodon darwinii diperkirakan memiliki berat antara 998 kg hingga 1996 kg dan panjang hampir 3 meter.

Berdasarkan karakteristik gigi, biomekanik rahang, kotoran yang terawetkan. Mylodon dan kerabatnya yang sudah punah telah lama dianggap sebagai herbivora juga.