Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Pengolahan Limbah Pabrik untuk Mencegah Pencemaran Lingkungan

Kompas.com - 08/10/2021, 18:42 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comPencemaran lingkungan adalah masalah yang penting untuk diselesaikan karena menyangkut keselamatan dan kesehatan manusia. Oleh karena itu penting untuk mengetahui upaya pencegahan pencemaran lingkungan.

Pencemaran lingkungan

Unsur-unsur pencemaran lingkungan bisa datang dari berbagai sumber. Walau ada pencemaran dari alam seperti gunung berapi, namun sebagian besar pencemaran disebabkan dari kegiatan manusia.

Contoh kegiatan manusia yang menyebabkan pencemaran lingkungan adalah kegiatan pabrik, kendaraan bermotor, dan pembakaran sampah. Kali ini kita akan fokus membahas pencemaran akibat kegiatan pabrik.

Limbah pabrik

Limbah adalah sisa dari suatu kegiatan yang mengandung bahan berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Sedangkan limbah pabrik adalah sisa dari kegiatan pabrik atau industri.

Limbah pabrik terbagi menjadi empat jenis:

  1. Limbah padat: plastik, kantong, sisa pakaian, kabel listrik, bubur sisa semen, dan lumpur sisa industri
  2. Limbah cair: sisa pewarna pakaian cair, sisa pengawet cair, limbah tempe, dan kebocoran minyak di laut
  3. Limbah gas: kebocoran gas dan asap pabrik
  4. Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)

Baca juga: Pencemaran Lingkungan, Bahaya Mikroplastik Mulai Cemari Tubuh Manusia

Pengolahan limbah pabrik

Salah satu cara mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah pabrik adalah dengan pengolahan limbah pabrik yang baik. Berikut adalah cara pengolahan limbah pabrik.

1. Pengolahan limbah padat

Beberapa cara pengolahan limbah padat yang bisa dilakukan adalah dengan penimbunan terbuka, sanitary landfill (lubang yang sudah dilapisi tanah liat dan juga plastik), insinerasi, membuat kompos padat, daur ulang, dan menjadi bahan kerajinan.

Pengolahan limbah menjadi bahan kerajinan harus mengandung aspek fungsional, hal ini termasuk dalam unsur ergonomis.

2. Pengolahan limbah cair

Cara mengolah limbah cair adalah dengan pengolahan primer dengan proses penyaringan, pengendapan, pengapungan, dan disinfeksi.

3. Pengolahan limbah gas

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrol emisi gas buang dan menghilangkan partikel dari udara pembuangan.

4. Pengolahan limbah B3

Cara mengatasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah B3 adalah dengan metode pengolahan secara fisika, kimia, dan biologi. Selain itu, Pabrik juga bisa membuat sumur dalam dan kolam penyimpanan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com