Apa Perbedaan Peredaran Darah Tertutup dan Peredaran Darah Terbuka?

08/10/2021, 12:33 WIB

KOMPAS.com - Hewan memiliki sistem peredaran darah yang membawa cairan ke seluruh tubuh. Namun, sistem peredaran darah pada hewan berbeda dengan sistem peredaran darah pada manusia.

Hewan memiliki sistem peredaran darah terbuka dan tertutup. Apa perbedaan peredaran darah tertutup dan peredaran darah terbuka? Pada dasarnya, perbedaan keduanya ada di tempat mengalirnya cairan tubuh. Berikut penjelasannya.

Sistem peredaran darah tertutup

Pada sistem peredaran darah tertutup, darah mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh. Jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh. Setelah itu darah akan kembali ke jantung melalui pembuluh juga.

Organ-organ sistem sirkulasi tertutup adalah organ yang lengkap. Organ sistem sirkulasi antara lain jantung, pembuluh aorta, pembuluh arteri dan vena, pembuluh kapiler, plasma, dan sel darah.

Contoh hewan yang memiliki sistem peredaran darah tertutup antara lain cacing tanah, ikan, katak, reptil, dan unggas.

Baca juga: Sistem Peredaran Darah Serangga Beserta Fungsi

Sistem peredaran darah terbuka

Pada sistem peredaran darah terbuka, cairan tubuh tidak selalu beredar di dalam pembuluh darah. Darah dan cairan tersebut akan keluar dari pembuluh darah dan beredar di dalam rongga tubuh. Pada akhirnya, darah akan kembali ke dalam pembuluh dan menuju jantung.

Organ sistem peredaran darah terbuka lebih terbatas. Organ penyusunnya hanya jantung, sejumlah rongga, dan sejumlah arteri.

Contoh hewan yang memiliki sistem peredaran darah terbuka adalah udang, mollusca, dan serangga. Pada udang, darah akan mengalir lewat insang tanpa pembuluh.

Pada mollusca, darah dipompa dari jantung dan mengalir melalui sinus atau rongga menuju jaringan tubuh. Setelah itu darah akan kembali lagi ke jantung.

Sedangkan pada serangga, jantungnya memiliki ruas-ruas dan aorta. Serangga tidak memiliki pembuluh kapiler dan vena. Ketika jantung berkontraksi, jantung akan memompa darah dan mengosongkan isi jantung. Pada saat jantung relaksasi, darahnya akan kembali dialirkan ke dalam jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.