Kompas.com - 06/10/2021, 18:00 WIB
Tumpukan tulang belulang di sarang hyena (Image credit: Courtesy of Mathew Stewart)Tumpukan tulang belulang di sarang hyena

KOMPAS.com - Sebuah gua saluran lava yang berkelok-kelok di utara Arab Saudi mengungkap bukti masa lalu yang mengerikan.

Gua tersebut rupanya merupakan sarang hyena selama ribuan tahun. Tak hanya itu, peneliti juga menemukan saluran lava itu dipenuhi ribuan sisa-sisa tulang mangsa hyena.

Tak cuma tulang hewan, beberapa di antaranya merupakan tulang manusia.

Penelitian sebelumnya sempat menduga bahwa gua saluran lava tersebut merupakan sarang serigala beserta kumpulan tulang hasil buruan mereka.

Baca juga: Temuan Tulang Belulang Buktikan Manusia Sudah Bikin Baju 120.000 Tahun Lalu

Namun analisis baru dari tumpukan tulang serta kotoran yang terawetkan menceritakan kisah berbeda.

Para ilmuwan menyebut tempat itu merupakan sarang Hyena Belang (Hyaena hyaena) setidaknya dari 4.500 tahun hingga 150 tahun yang lalu.

Mengutip Live Science, Rabu (6/10/2021) dalam studi ini peneliti menyelidiki bagian dari saluran lava Umm Jirsan Arab Saudi yang merupakan jaringan terpanjang di negara tersebut.

Saluran yang terbentuk dari sungai lava yang mencapai suhu 1.090 derajat Celcius ini memiliki panjang 1.500 meter dengan tinggi lintasan sekitar 8 hingga 12 meter.

Peneliti kemudian fokus pada bagian barat saluran lava yang berisi tumpukan tulang. Mereka memeriksa lebih dari 1.900 tulang dan berhasil mengidentifikasi 40 spesies.

Sebagian besar tulang milik keledai, kemudian caprine yang merupakan sejenis kambing, rusa, unta, dan serigala atau anjing.