[POPULER SAINS] Beda Nyeri Dada karena Sakit Jantung dan Asam Lambung | 6 Ular Paling Berbahaya

Kompas.com - 01/10/2021, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Saat seseorang mengalami asam lambung, tak jarang disertai dengan nyeri dada. Namun bagaimana membedakan nyeri dada karena asam lambung dan sakit jantung?

Perbedaan nyeri dada yang mengindikasikan nyeri dada dan sakit jantung menjadi salah satu berita populer di kanal Sains edisi akhir bulan September.

Kabar soal nikah siri Leslar juga menjadi perhatian publik. Keduanya dianggap melakukan pembohongan publik dan membuat netizen marah.

Rupanya sikap netizen yang marah karena merasa tertipu oleh idola dianggap pakar media sebagai wajar.

Pelajaran penting dari Singapura yang harus dicontoh Indonesia jika mau mencegah gelombang ketiga pandemi hingga 6 jenis ular paling berbahaya menjadi berita populer lainnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (30/9/2021) hingga Jumat (1/10/2021) pagi.

Cara membedakan nyeri dada karena asam lambung dan sakit jantung

Tidak sedikit orang yang menganggap remeh nyeri dada, dengan menganggapnya hanya masalah sakit asam lambung. Padahal, gejala tersebut juga berisiko pertanda serangan jantung.

Lantas, apa perbedaan nyeri dada akibat serangan jantung dengan nyeri dada akibat asam lambung?

Menjawab persoalan itu, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Primaya Hospital Makassar, dr Bambang Budiono SpJP, FIHA, FAPSIC, FSCAI, berkata bahwa benar nyeri dada bisa menjadi indikasi adanya sakit asam lambung dan serangan jantung.

Heartburn, angina, dan serangan jantung bisa terasa sangat mirip. Bahkan, dokter yang berpengalaman pun tidak selalu dapat membedakannya hanya dari riwayat kesehatan Anda dan pemeriksaan fisik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.