Kompas.com - 29/09/2021, 10:01 WIB

KOMPAS.com - Astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) melihat pemandangan Bumi yang luar biasa setiap hari, tetapi ada satu fenomena yang tidak pernah gagal membuat mereka kagum, yakni aurora.

Astronot Badan Antariksa Eropa (ESA) Thomas Pesquet membagikan foto cahaya kutub yang menakjubkan dari ketinggian 402 km di atas Bumi pada hari Jumat (24/9/2021).

Foto yang Anda lihat ini adalah salah satu gambar aurora terbaik yang pernah diambil dari ISS.

Foto yang diambil Pesquet pada 20 Agustus 2021, menunjukkan pita hijau meliuk-liuk di atas Bumi, melengkung tinggi di atmosfer dekat cakrawala, dan memudar menjadi warna merah dari kejauhan.

Baca juga: Mengapa Warna Aurora Berbeda-beda?

Tak sampai di situ, di bawah layar warna-warni ada awan berputar di atas lautan.

"Aurora lain tetapi yang ini istimewa karena sangat terang. Ini adalah bulan purnama yang menerangi sisi bayangan Bumi hampir seperti siang hari," kata Pesquet di Twitter.

Dia tidak merinci di mana aurora ini berada, atau apakah itu aurora borealis utara atau aurora australis selatan.

Dilansir Science Alert, Selasa (28/9/2021), aurora umumnya merupakan hasil partikel bermuatan dari Matahari yang menabrak planet kita.

Partikel disalurkan ke kutub oleh medan magnet bumi, kemudian berinteraksi dengan partikel di atmosfer kita.

Aliran angin matahari ini, sebagaimana diketahui, selalu menyapu Bumi, tetapi terkadang letusan di Matahari mengirimkan gelombang partikel yang lebih besar, membuat aurora lebih mencolok seperti gambar ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.