[POPULER SAINS] Sanca Kembang, Ular Terpanjang di Dunia | Daftar Daerah Berpotensi Banjir Akhir September

Kompas.com - 29/09/2021, 07:31 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Selasa (28/9/2021) hingga (29/9/2021). Serba-serbi ular sanca, ular terpanjang di dunia hingga daftar daerah berpotensi banjir di akhir September ini. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Selasa (28/9/2021) hingga (29/9/2021). Serba-serbi ular sanca, ular terpanjang di dunia hingga daftar daerah berpotensi banjir di akhir September ini.

KOMPAS.com - Tahukah Anda, siapa ular terpanjang di dunia? Jawabannya ular sanca kembang yang banyak ditemukan di hutan hujan Asia Tenggara.

Serba-serbi ular sanca kembang ini menjadi salah satu berita terpopuler Kompas.com, edisi Selasa (28/9/2021).

Selain itu, prakiraan cuaca BMKG hingga daftar daerah yang berpotensi banjir akhir September nanti juga menjadi berita populer lainnya.

Tak ketinggalan, adanya fenomena puncak hujan meteor Sextantid yang muncul di langit Indonesia kemarin siang.

Berikut rangkuman berita populer Sains Kompas.com sepanjang Selasa (28/9/2021) hingga Rabu (29/9/2021).

Ular sanca kembang

Ular sanca kembang adalah ular terpanjang di dunia. Ular sanca kembang dikenal juga dengan berbagai nama, seperti phyton, ular petola di Ambon, sawah netem di Simeuleu, dan reticulated phyton dalam bahasa Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ular sanca kembang banyak ditemukan hutan hujan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Laporan lainnya menemukan ular ini pernah ditemukan juga di Bangladesh, Sudan, dan Australia.

Kulit ular sanca kembang memiliki pola yang sangat indah, membentuk jala atau reticulate. Pola tersebut berwarna hitam dan cokelat.

Sedangkan bagian bawah tubuhnya berwarna kuning dan putih. Rata-rata ukuran ular sanca kembang memiliki panjang 4,78 meter dengan berat 170 kilogram.

Namun, ular sanca kembang terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang hingga 9 meter dengan berat 270 kilogram.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.