Sistem Gerak pada Tumbuhan dan Macam-Macamnya

28/09/2021, 21:15 WIB

KOMPAS.com - Walau terlihat diam di tanah, ternyata tumbuhan juga melakukan gerakan. Misalnya, tanaman putri malu yang ketika disentuh akan menutup daunnya. Berikut gerak pada tumbuhan yang perlu kamu ketahui.

Gerak pada tumbuhan

Terdapat tiga macam gerak pada tumbuhan, yaitu gerak endonom, gerak higroskopis, dan gerak esionom.

1. Gerak endonom

Gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari dalam sel atau tubuh tumbuhan itu sendiri disebut gerak endonom. Gerakan ini contohnya terjadi pada kloroplas yang bergerak berkeliling di dalam sel. Gerakan tersebut muncul akibat pergerakan sitoplasma di dalam sel.

2. Gerak higroskopis

Gerak bagian tubuh tumbuhan yang timbul akibat perubahan kadar air disebut gerak higroskopis.

Contohnya adalah kacang-kacangan yang telah lama matang, biasanya akan mengerut dan permukaannya menjadi tidak rata. Hal itu disebabkan karena terjadi perubahan kadar air di dalam sel yang tidak merata.

Contoh gerak higroskopis lainnya adalah membukanya dinding sporangium pada tumbuhan paku.

Baca juga: Tumbuhan Paku: Pengertian, Ciri-ciri, dan Jenisnya

3. Gerak esionom

Ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah merupakan contoh gerak esionom. Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan. Gerak esionom dapat dibedakan lagi menjadi tiga macam:

  • Gerak tropisme: gerak yang arahnya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang, misalnya bunga yang menghadap matahari, atau putri malu yang menjauhi tanah
  • Gerak taksis: gerak pindah tempat seluruh bagian, contohnya Algae yang bergerak karena memiliki flagela
  • Gerak nasti: gerak tumbuhan yang tidak dipengaruhi datangnya arah rangsang, contohnya daun putri malu yang menguncup ketika disentuh, namun arah daunnya tidak mengikuti atau menjauhi arah sentuhan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.