Kompas.com - 27/09/2021, 12:02 WIB
Peneliti berada di lokasi penemuan manik-manik  berusia 142.000 tahun di Maroko 
(Credit: Steven L. Kuhn)Peneliti berada di lokasi penemuan manik-manik berusia 142.000 tahun di Maroko

KOMPAS.com - Peneliti menemukan manik-manik yang terbuat dari cangkang di sebuah gua di Maroko barat. Manik-manik tersebut diperkirakan berusia antara 142.000 hingga 150.000 tahun.

Di balik umur manik-manik yang sangat tua itu, peneliti menemukan fungsi yang menarik dari benda-benda tersebut.

Peneliti menyebut bahwa manik-manik tak hanya digunakan sebagai perhiasan saja tapi juga untuk manusia purba berkomunikasi.

Temuan ini pun menjadi bukti paling awal bahwa manusia berkomunikasi melalui fashion mereka. Temuan juga menjelaskan bagaimana kemampuan kognitif dan interaksi sosial manusia berevolusi.

Baca juga: Ilmuwan Pura-pura Jadi Manusia Purba demi Tahu Cara Berburunya

"Orang-orang ini membuktikan ekspresi identitas melalui pakaian sudah ada sejak ratusan ribu yang lalu. Menunjukkan pula bahwa manusia tertarik untuk berkomunikasi dengan kelompok lain selain orang terdekat dan keluarga," ungkap Steven L. Kuhn, profesor antropologi di Fakultas Ilmu Sosial dan Perilaku Universitas Arizona.

Mengutip Futurity, Minggu (26/9/2021) peneliti telah lama tertarik mengenai kapan bahasa muncul. Tetapi tak ada catatan tentang bahasa sampai beberapa ribu tahun yang lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nah, menurut Kuhn, manik-manik pada dasarnya adalah bentuk komunikasi dasar. Apalagi manik-manik juga dikenal karena tahan lama sehingga pesan melekat permanen.

"Kami tak tahu apa artinya, tetapi itu jelas merupakan objek simbolis sedemikian rupa sehingga orang lain dapat melihatnya," papar dia.

Meski begitu peneliti berasumsi bahwa manik-manik digunakan seiring dengan bertambahnya populasi sehingga perlu untuk mengidentifikasi diri yang membedakan dengan kelompok lain.

Lebih lanjut, manik-manik yang berjumlah 33 buah itu ditemukan antara 2014 dan 2018 di dekat mulut Gua Bizmoune, sekitar 10 mil ke daratan dari Essaouira, sebuah kota di pantai Atlantik Maroko.

Halaman:


Sumber Futurity
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.