Kompas.com - 26/09/2021, 20:32 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Buah-buahan yang mengandung lemak sehat bukanlah makanan yang harus dihindari.

Tubuh membutuhkan sejumlah lemak dari makanan untuk membantu fungsi hormon, memori, dan penyerapan nutrisi tertentu.

Mengonsumsi lemak sehat juga memberikan rasa kenyang, memperlambat pencernaan karbohidrat, dan menambah rasa pada makanan.

Dilansir dari Healthline dan Medical News Today, berikut adalah buah-buahan yang mengandung lemak:

1. Alpukat

Alpukat berbeda dari kebanyakan buah lainnya. Biasanya, sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat, namun alpukat kaya akan lemak.

Baca juga: Manfaat Anggur, Buah yang Kaya Antioksidan

Buah alpukat mengandung sekitar 77 persen lemak, berdasarkan kalori, yang membuatnya lebih tinggi lemak dibandingkan kebanyakan makanan hewani.

Meski alpukat tinggi lemak dan kalori, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi alpukat cenderung memiliki berat badan yang lebih rendah dan lebih sedikit lemak perut dibandingkan orang yang tidak mengonsumsinya.

Selain itu, alpukat merupakan salah satu sumber potasium terbaik. Bahkan, alpukat mengandung 40 persen lebih banyak potasium dibandingkan pisang.

Buah dengan tekstur daging yang lembut ini juga mengandung serat yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa alpukat dalam menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol baik.

2. Kelapa

Kelapa dan minyak kelapa adalah sumber lemak jenuh yang paling kaya. Faktanya, sekitar 90 persen asam lemak terkandung di dalamnya.

Baca juga: 3 Manfaat Biji Buah Nangka untuk Kesehatan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.