Kompas.com - 26/09/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi lobster. Ilmuwan teliti sperma lobster untuk melihat dampak perubahan iklim pada kelangsungan hidup spesies. WIKIMEDIA COMMONS/Ed BiermanIlustrasi lobster. Ilmuwan teliti sperma lobster untuk melihat dampak perubahan iklim pada kelangsungan hidup spesies.

KOMPAS.com - Mungkin tak banyak yang tahu, beberapa spesies lobster dapat hidup lebih dari 100 tahun. Namun menentukan berapa usia krustasea ini bukan perkara gampang.

Seringkali orang hanya berpatokan pada ukuran tubuhnya saja, padahal itu adalah metode yang salah.

"Sampai sekarang usia lobster biasanya diperkirakan menggunakan ukurannya, tetapi itu tak akurat karena masing-masing lobster tumbuh pada tingkat yang berbeda," kata Dr. Martin Taylor, peneliti studi dari University of East Anglia seperti dikutip dari Phys, Sabtu (25/9/2021).

Baca juga: Lobster Langka Warna Kuning Terjaring Nelayan, Ini Penampakannya

Selain metode ukuran tubuh, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa usia lobster bisa dihitung dari cincin di bagian batang mata dan perutnya. Tapi metode ini tak bisa dilakukan untuk lobster hidup.

Belum lagi lobster memiliki cangkang keras dan tak elastis sehingga untuk tumbuh mereka harus melepaskan cangkang lama dan menggantinya dengan yang baru.

Namun, lobster pada usia yang sama tak selalu tumbuh dan berganti kulit pada waktu yang sama. Misalnya lobster yang lebih banyak makan di perairan lebih hangat dapat tumbuh lebih cepat sehingga sangat sulit mengetahui berapa umur lobster sebenarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas mengapa menentukan usia lobster begitu penting?

“Sangat penting untuk dapat memperkirakan berapa banyak lobster dari usia tertentu yang ada di suatu area tertentu sehingga mereka dapat dipanen secara berkelanjutan," ungkap Eleanor Fairfield, peneliti lain yang terlibat.

Nah, sekarang peneliti telah menemukan cara menentukan usia lobster, yakni berdasarkan DNA-nya.

Dalam studinya, peneliti mempelajari lobster Eropa yang memang sangat penting secara ekonomi dan ekologis.

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.