Kompas.com - 26/09/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi kelelawar vampir betina suka berbagi makanan dan saling merawat. SHUTTERSTOCK/belizarIlustrasi kelelawar vampir betina suka berbagi makanan dan saling merawat.

KOMPAS.com - Studi baru mengungkapkan bahwa kelelawar vampir betina (Desmodus rotundus) ternyata lebih menyukai berburu darah bersama dengan kelompoknya.

Menurut peneliti dengan berburu bersama kawanannya, kelelawar vampir dapat bertukar informasi untuk meningkatkan peluang mereka menemukan makanan.

Selain itu, temuan ini juga menunjukkan bahwa ikatan sosial pada spesies tersebut merupakan hal yang penting.

Mengutip IFL Science, Sabtu (25/9/2021) dalam studinya, peneliti melibatkan 50 kelelawar vampir betina (27 liar dan 23 pernah hidup di penangkaran) dan mengirim mereka ke padang rumput di Tole, Panama.

Peneliti juga memasang perangkat pelacak kecil pada punggung mereka.

Baca juga: Peneliti Kelelawar Kamboja Lacak Asal-usul Virus Covid-19

Hasil gabungan pengamatan dan data perangkat, penelitti mengungkapkan bahwa betina akan bertemu dan tetap berada di dekat kelelawar yang mereka kenal saat mencari makan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelelawar yang tampak dominan di sarang juga terlihat lebih banyak bersosialisasi saat mencari makan. Kelelawar bahkan bisa berbagi dan menghisap darah dari mangsa yang sama.

"Tiga kelelawar makan dari tiga sapi yang berbeda secara bersamaan yang jaraknya hanya 5-10 meter satu sama lain. Kemudian kami melihat dua kelelawar makan dari sapi yang sama tetapi dari luka yang berbeda," kata Simon Ripperger, peneliti yang terlibat dalam studi.

Lebih lanjut, studi yang dipublikasikan di jurnal PLOS Biology ini juga menemukan bahwa kelelawar dapat berbagi informasi tentang lokasi bekas gigitan mangsa.

Hal tersebut dipercaya akan mempermudah kelelawar lain, seperti menghemat waktu dan energi yang dihabiskan untuk mencari makan daripada harus mencari yang baru.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.