Kompas.com - 25/09/2021, 17:32 WIB
Ilustrasi Getty Images/iStockphotoIlustrasi
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Organ reproduksi laki-laki terdiri dari penis, skrotum, testis, dan saluran pengeluaran.

Kemudian, saluran pengeluaran terbagi lagi menjadi 4 saluran, yakni saluran epididimis, saluran vas deferens, saluran ejakulasi dan saluran uretra.

Berikut adalah penjelasan mengenai struktur alat reproduksi laki-laki dan fungsinya, dikutip dari buku Reproduksi dan Hidup Sehat.

a. Penis

Penis terdiri dari tiga bagian, yakni akar, badan, dan glans penis. Penis berfungsi untuk kopulasi atau persetubuhan dan pengeluaran urin serta semen.

Badan penis memiliki tiga jaringan erektil silindris yang berongga dan banyak pembuluh darah, yaitu dua korpus kavernosa dan satu korpus spongiosum.

Baca juga: Organ Reproduksi Wanita dan Fungsinya

Jika ada rangsangan seksual, rongga pada jaringan erektil akan terisi penuh oleh darah sehingga penis mengalami ereksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, glans penis atau kepala penis memiliki ujung-ujung syaraf sensoris dan ditutupi oleh lipatan kulit longgar.

b. Skrotum

Skrotum pada reproduksi laki-laki berjumlah sepasang dan dipisahkan oleh septum internal. Setiap skrotum memiliki testis.

Pada skrotum terdapat otot dartos dan otot kremaster. Otot dartos berfungsi untuk menggerakkan skrotum untuk mengerut dan mengendur.

Sedangkan otot kremaster berfungsi untuk mengatur suhu lingkungan testis agar lebih rendah dari suhu tubuh karena pembentukn sperma dapat berjalan dengan baik jika suhu stabil, yakni 3 derajat celcius lebih rendah dari suhu tubuh.

Baca juga: Ahli: Jangan Anggap Tabu Pendidikan Seksual dan Kesehatan Reproduksi

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.