Kompas.com - 25/09/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 berbasis mRNA dari Pfizer-BioNTech terbukti aman dan beri perlindungan pada anak yang lebih kecil. Vaksin Pfizer efektif pada anak usia 5 tahun hingga 11 tahun di Amerika Serikat. SHUTTERSTOCK/Yuganov KonstantinIlustrasi vaksin Covid-19 berbasis mRNA dari Pfizer-BioNTech terbukti aman dan beri perlindungan pada anak yang lebih kecil. Vaksin Pfizer efektif pada anak usia 5 tahun hingga 11 tahun di Amerika Serikat.


KOMPAS.com - Vaksin Pfizer untuk anak lebih kecil antara 5 tahun sampai 11 tahun, hasil uji yang dilakukan menunjukkan vaksin Covid-19 ini aman untuk kelompok tersebut.

Saat ini, perusahaan farmasi ini sedang mendiskusikan temuan tersebut dengan badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat (FDA) untuk izin penggunaan darurat.

Dilansir dari CNN, Jumat (24/9/2021), mantan komisaris FDA yang juga di dewan Pfizer, Dr. Scott Gottlieb mengatakan bahwa anak-anak usia 5 tahun dan lebih tua bisa mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pada akhir Oktober mendatang.

Akan tetapi, vaksin Covid-19 untuk anak pada kelompok usia tersebut tentu akan berbeda dengan suntikan vaksin yang diberikan pada remaja dan orang dewasa, khususnya dalam hal dosis.

Dosis vaksin Pfizer untuk anak

Lantas, apakah dosis vaksin Covid-19 untuk anak 5 tahun sampai 11 tahun sama dengan orang dewasa?

Tentunya, terkait dosis vaksin Covid-19 yang diberikan pada anak usia 5-11 tahun atau kelompok anak yang lebih kecil ini akan berbeda dengan dosis vaksin pada orang dewasa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Pfizer untuk Anak 5 Tahun Aman dan Beri Perlindungan

 

Dalam uji klinis yang dilakukan Pfizer terhadap vaksinnya pada kelompok anak usia 5 hingga 11 tahun, menunjukkan, ternyata anak-anak memiliki respons imun yang kuat, bahkan pada dosis vaksin Pfizer yang lebih rendah.

Jadi, anak-anak di bawah usia 12 tahun, hampir pasti akan mendapatkan dosis vaksin Pfizer sebanyak 10 mikrogram, dibandingkan pada dosis vaksin orang dewasa yang diberikan sekitar 30 mikrogram.

Faktanya, menurut Dr. Robert Frenck, yang memimpin uji coba vaksin di Rumah Sakit Anak Cincinnati, kebanyakan orang dewasa juga bisa bertahan dengan dosis yang lebih rendah.

"Kami melihat 10 mikrogram, 20 mikrogram dan 30 mikrogram pada orang dewasa. Kami menemukan pada usia 18 hingga 55 tahun, dosis 10 mikrogram memberikan respons imun yang sangat baik," kata Frenck.

Akan tetapi, lanjut Frenck, pada orang berusia 65 tahun ke atas, mereka tidak merespon dengan baik terhadap dosis vaksin Pfizer yang lebih rendah.

"Itulah mengapa kami memilih dosis (vaksin Pfizer) 30 mikrogram itu untuk rentang usia dewasa dari 18 tahun ke atas," imbuhnya.

Baca juga: Vaksin Pfizer 100 Persen Efektif Cegah Covid-19 pada Anak Berusia 12 hingga 15 Tahun

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber CNN
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.