Kompas.com - 24/09/2021, 13:01 WIB
Ilustrasi shutterstock.comIlustrasi
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Setiap orang bisa mengalami stres dari waktu ke waktu dengan berbagai hal sebagai penyebabnya.

Tubuh dibekali dengan kemampuan untuk menangani stres dalam dosis kecil, namun ketika stres tak kunjung membaik hingga mencapai tahap kronis, ini dapat memberikan efek serius pada tubuh.

Stres kronis dapat menyebabkan berbagai gejala dan memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Efek stres pada tubuh

Stres dapat memberikan efek negatif terhadap sistem pernapasan, pencernaan, hingga seksual dan reproduksi. Berikut adalah beberapa efek stres pada tubuh:

1. Efek stres pada sistem pernapasan

Stres dan emosi yang kuat dapat muncul dengan gejala pernapasan. Dilansir dari American Psychological Association (APA), stres juga bisa menyebabkan sempitnya saluran napas dan memicu sesak napas serta napas cepat.

Baca juga: 3 Masalah Kulit yang Rentan Muncul akibat Stres Selama Pandemi

Bagi orang yang tidak memiliki penyakit pernapasan, hal ini tidak menjadi masalah besar karena tubuh dapat mengatur “pekerjaan” tambahan untuk mengatur napas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, ini bisa memperburuk kondisi orang dengan penyakit pernapasan, seperti penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan asma.

Beberapa penelitian menunjukkan, stres akut benar-benar dapat memicu serangan asma. Selain itu, napas cepat akibat stres juga dapat menyebabkan serangan panik.

2. Efek stres pada saraf pusat dan endokrin

Hormon stres mampu meningkatkan detak jantung dan mengirim lebih banyak aliran darah ke area yang membutuhkannya di saat darurat, seperti otot, jantung, dan organ penting lainnya.

Ketika stres tidak hilang, respons tersebut akan berlanjut. Stres kronis juga merupakan faktor bagi perilaku seperti makan berlebihan, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan, serta penarikan diri dari pergaulan.

Baca juga: 7 Penyebab Rambut Sering Rontok, Bisa Karena Stres

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.