Kompas.com - 24/09/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi kucing tabby, kucing belang dengan bergaris-garis. Peneliti ungkap pola belang pada kucing sudah terbentuk sejak masih embrio. SHUTTERSTOCK/Krakenimages.comIlustrasi kucing tabby, kucing belang dengan bergaris-garis. Peneliti ungkap pola belang pada kucing sudah terbentuk sejak masih embrio.

KOMPAS.com - Tak sedikit kucing yang memiliki warna belang, bahkan ada kucing belang tiga warna atau hanya dua warna. Bahkan, kucing belang tiga dianggap memiliki mitos keberuntungan.

Ternyata kucing mendapatkan belang pada bulunya dapat dijelaskan secara ilmiah.

Dilansir dari National Geographic, Kamis (23/9/2021), pengamatan lebih dekat untuk mengungkap pola belang pada warna bulu kucing yakni pada embrio kucing.

Dari hampir 60 juta kucing peliharaan di Amerika Serikat, salah satunya spesies yang paling umum adalah kucing tabby klasik, yang memiliki pola bulu bergaris, titik, dan lingkaran. Bahkan kadang tampak huruf M yang muncul pada dahi kucing ini.

Rupa kucing tabby ini bisa dilihat dari Si Kucing Garfield yang populer, namun kucing lucu ini juga mewarisi garis keturunan kucing persia.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal Nature Communication belum lama ini, para ilmuwan melaporkan bahwa gen yang mengatur warna dan pola belang kucing diaktifkan dalam sel-sel kulit embrio sebelum bulu kucing berkembang.