Kompas.com - 22/09/2021, 17:05 WIB
Ilustrasi manusia purba Neanderthal yang membuat api dengan menggesekkan batu. Bridgeman Images/Wood Ronsaville HarlinIlustrasi manusia purba Neanderthal yang membuat api dengan menggesekkan batu.

KOMPAS.com - Manusia Neanderthal, kerabat terdekat kita punah antara 40.000 hingga 35.000 tahun yang lalu.

Lalu sejak penemuan fosil pertamanya 165 lalu, para ilmuwan telah belajar lebih banyak tentang mereka. Seperti budaya, ekologi, pola makan, pengendalian api, produksi dan penggunaan alat, fisiologi, dan bahkan kode genom mereka.

Tapi kini, para peneliti melakukan hal di luar kebiasaan untuk mempelajari Neanderthal.

Mereka menggunakan pendekatan original, yakni berpura-pura menjadi manusia purba itu untuk merekonstruksi perilaku Neanderthal, terutamanya saat berburu.

Baca juga: Seniman Rekonstruksi Wajah Neanderthal yang Derita Tumor di Wajah

Mengutip Phys, Selasa (21/9/2021) Neanderthal diketahui telah memakan tanaman, jamur, kerang, biji pinus panggang, dan daging lumba-lumba yang terdampar.

Pada saat yang sama, mereka adalah predator puncak penting yang memburu mamalia dengan berbagai teknik, mulai dari menyergap dengan tombak hingga menjebak dan mengejar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada banyak bukti pula bahwa mereka secara teratur menangkap burung, seperti burung pemangsa, merpati, dan anggota keluarga gagak.

"Di sini kami menunjukkan, bahwa Neanderthal kemungkinan berburu chough, burung yang menghabiskan malam di gua-gua tempat berlindung Neandertal," kata penulis pertama Dr. Guillermo Blanco dari Museum Nasional Ilmu Pengetahuan Alam di Madrid.

"Jadi kamu merekonstruksi bagaimana Neanderthal bisa menggunakan api untuk menangkap burung itu di malam hari," 

Kawanan chough ini memang bersarang di gua-gua dan celah berbatu. Karena gua langka, chough kadang harus berbagi tempat dengan Neanderthal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber PHYSORG
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.