Kompas.com - 22/09/2021, 16:03 WIB
Ilustrasi asteroid mendekati Bumi SHUTTERSTOCK/MOPICIlustrasi asteroid mendekati Bumi

KOMPAS.com - Sekitar 3.600 tahun yang lalu, kota Tall el-Hammam menjadi kota Zaman Perunggu terbesar, yang menjadi peradaban awal selama beberapa ribu tahun.

Kota yang terletak di dataran tinggi di Lembah Yordan selatan, dekat Laut Mati ini disebut 10 kali lebih besar dari Yerusalem dan 5 kali lebih besar dari Yerikho.

"Ini adalah area budaya yang sangat penting. Sebagian besar budaya awal manusia berkembang di area tersebut," kata James Kennett, profesor emeritus ilmu bumi di University of California Santa Barbara, seperti dikutip dari Phys, Selasa (21/9/2021).

Baca juga: Hilang 1.700 Tahun, Kota Kuno Neapolis Ternyata Tidur di Dasar Laut

Tak heran kota kuno ini menjadi situs favorit bagi para arkeolog dan cendikiawan Alkitab untuk melakukan berbagai studi.

Baru-baru ini, di antara lapisan yang terkubur di kota tersebut, peneliti menemukan hal yang tak biasa.

Mereka menemukan pecahan tembikar dan bahan bangunan yang meleleh. Semua itu mengindikasi adanya peristiwa suhu tinggi yang tak wajar, jauh lebih panas dari teknologi apapun yang bisa diproduksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami melihat bukti suhu yang lebih besar dari 2000 derajat Celcius," kata Kennett.

Peneliti pun kemudian tertarik untuk menyelidiki apa yang terjadi pada kota tersebut. Dari hasil penyelidikan, mereka menemukan kalau ada bukti ledakan kosmik besar dekat kota Tall el-Hammam.

Guncangan itu mirip yang terjadi di Peristiwa Tunguska pada tahun 1908. Saat itu meteor jatuh dan mengakibatkan ledakan sekitar 12 megaton.

Sementara itu ledakan di Tall el-Hammam cukup untuk meratakan kota, istana, dan dinding sekitarnya.

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.