Kompas.com - 22/09/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi artis tentang badai galaksi raksasa yang didorong oleh lubang hitam supermasif di pusat sebuah galaksi. Temuan teleskop ALMA ini mengungkap evolusi galaksi dan lubang hitam di alam semesta. ALMA (ESO/NAOJ/NRAO) via PHYSIlustrasi artis tentang badai galaksi raksasa yang didorong oleh lubang hitam supermasif di pusat sebuah galaksi. Temuan teleskop ALMA ini mengungkap evolusi galaksi dan lubang hitam di alam semesta.


KOMPAS.com - Para ilmuwan menyaksikan lubang hitam supermasif di sebuah galaksi menembakkan gas galaksi yang sangat diperlukan dalam proses pembentukan bintang.

Dilansir dari Space, Selasa (21/9/2021), para ilmuwan tidak terlalu yakin, apa dampak dan bagaimana jika dalam satu siklus kehidupan suatu galaksi, mereka melepaskan gasnya.

Pada saat pelepasan gas galaksi itu terjadi, maka sebuah galaksi akan kehilangan materi yang sangat dibutuhkan dalam pembentukan bintang baru.

Bintang-bintang yang lebih muda dan lebih biru di galaksi akan mulai menua dan mati, memberikan kepada bintang-bintang yang lebih tua, lebih kecil, dan lebih merah.

Baca juga: Lubang Hitam Supermasif di Galaksi Ini Membuat Ilmuwan Bingung

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, para peneliti di New York University Abu Dhabi bertanya-tanya, apakah lubang hitam supermasif di pusat galaksi bertanggung jawab atas hal itu.

Mereka pun memeriksa bagaimana aktivitas lubang hitam supermasif dapat memengaruhi atau membantu galaksi membuang sebagian gasnya.

"Hubungan antara aktivitas (lubang hitam supermasif) dan pelepasan gas dari seluruh galaksi kurang dipahami," kata Aisha Al Yazeedi, ilmuwan peneliti di New York University Abu Dhabi dan penulis utama makalah tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti fokus pada satu galaksi, MaNGA 1-166919, dengan lubang hitam supermasif di pusatnya.

Baca juga: Bagaimana Lubang Hitam Supermasif dapat Membunuh Galaksi Inangnya?

Halaman:


Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.