Kompas.com - 21/09/2021, 19:03 WIB
Ilustrasi kidal everydayplusIlustrasi kidal

KOMPAS.com - Sekitar 10% dari populasi global adalah orang kidal. Orang kidal adalah orang yang menggunakan tangan kiri mereka untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti menulis, makan, olahraga, dan untuk mengambil sesuatu.

Orang kidal seringkali dianggap istimewa dan lebih pintar. Apalagi, banyak tokoh yang ternyat adalah orang kidal. Misalnya, tiga dari enam presiden Amerika terakhir adalah orang kidal, yaitu George H.W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama.

Selain itu menurut laporan The New York Times, sederet figur publik ternama juga kidal, seperti Michelangelo, Leonardo da Vinci, Paul McCartney, David Bowie, Jimi Hendrix, James Baldwin, Nikola Tesla, Oprah Winfrey, Bill Gates hingga Steve Jobs.

Baca juga: Kidal Tidaknya Seseorang Ditentukan Sejak dalam Kandungan, Kok Bisa?

Lalu, benarkah orang kidal lebih pintar?

Untuk menyelidiki pertanyaan ini, para peneliti melihat perbedaan dalam prestasi matematika antara lebih dari 2.300 siswa kidal dan tidak, antara usia 6 hingga 17 di Italia.

Melansir Live Science, menurut studi tahun 2017 di jurnal Frontiers, meskipun tidak ada perbedaan ketika melihat masalah matematika yang lebih mudah, siswa kidal memiliki keunggulan signifikan pada masalah yang lebih sulit, seperti mengasosiasikan fungsi matematika ke sekumpulan data.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Studi tersebut dipimpin oleh Giovanni Sala, asisten profesor di Institute for Comprehensive Medical Science di Fujita Health University di Jepang.

Tapi, mengapa tangan dominan seseorang ada hubungannya dengan kemampuan matematika?

Tampaknya, ini karena orang kidal dikaitkan dengan beberapa perbedaan mengejutkan dalam arsitektur otak.

Sebuah meta-analisis tahun 1995 dari 43 studi dalam jurnal Psychobiology menetapkan, bahwa orang kidal memiliki corpus callosum yang jauh lebih besar – kumpulan serabut saraf yang menghubungkan dua belahan otak – daripada orang yang tidak kidal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.