Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER SAINS] 8 Kebiasaan yang Bikin Berat Badan Gagal Turun | Dinosaurus Punah karena Asteroid, Ular Bertahan Hidup

Kompas.com - 20/09/2021, 07:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Beragam pemberitaan menghiasi kanal Sains sepanjang Minggu, 19 September 2021. Namun sedikitnya, ada 4 berita populer yang banyak dibaca.

Salah satunya adalah kebiasaan makan yang bisa gagalkan penurunan berat badan. Salah satunya adalah makan sambil nonton lho.

Selain itu, 66 juta tahun lalu saat asteroid raksasa menghantam Bumi dan membinasakan dinosaurus. Namun uniknya, ular justru bisa bertahan hidup dan masih ada hingga saat ini.

Dua berita populer lainnya adalah tentang sakit rematik dan khasiat kayu manis untuk kesehatan.

Berikut berita populer Sains sepanjang Minggu (19/9/2021) hingga Senin (20/9/2021).

1. Kebiasaan makan yang gagalkan penurunan berat badan

Selain pola makan, kebiasaan makan yang Anda lakukan juga memainkan peran penting dalam membantu atau menghambat upaya menurunkan berat badan.

Roxana Ehsani, MS, RD, CSSD, LDN, ahli gizi diet terdaftar dan juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan, banyak orang tahu apa yang mereka harus makan, tapi mereka cenderung kesulitan saat menerapkan kebiasaan makan yang sehat.

"Saya telah melihat sejumlah pasien yang frustrasi, karena mereka makan dengan baik dan berolahraga secara rutin, tetapi tidak melihat hasil penurunan berat badan yang diinginkan dan tidak tahu mengapa," ujarnya.

Menurut Ehsani, salah satu penyebabnya adalah kebiasaan makan. Misalnya, ada orang yang selalu makan dengan cepat sepanjang hidupnya atau terbiasa makan dalam perjalanan.

Ini adalah kebiasaan makan yang tidak sehat yang dapat menghambat usaha menurunkan berat badan. Masalahnya, kebiasaan makan yang tidak sehat ni seringkali tidak disadari, karena telah dilakukan sejak kecil.

Ini 8 kebiasaan makan yang tidak sehat yang harus dihindari jika ingin menurunkan berat badan, baca di sini:

8 Kebiasaan Makan yang Bisa Gagalkan Penurunan Berat Badan, Termasuk Makan Sambil Nonton

2. Bagaimana ular kalahkan dinosaurus dalam menghadapi asteroid?

Kesuksesan ular mampu bertahan hidup jutaan tahun di Bumi tak luput dari dampak asteroid yang memusnahkan dinosaurus, menurut sebuah penelitian terbaru.

Dampak dari hantaman asteroid raksasa ini menyebabkan kehancuran, yang membawa kematian pada binatang dan tumbuhan.

Tapi para peneliti, mengatakan segelintir jenis ular masih bertahan hidup, mampu melewati periode kehancuran dunia karena asteroid, dengan cara bersembunyi di bawah tanah, dan melewati masa yang panjang tanpa makanan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com