Kompas.com - 19/09/2021, 20:02 WIB
Momen langka, kupu-kupu tertangkap akan meminum cairan tubuh ulat. Fenomena yang terekam di Sulawesi, Indonesia ini adalah kali pertama ilmuwan mendokumentasikan perilaku mengerikan tersebut.

Yi-Kai Tea via Live ScienceMomen langka, kupu-kupu tertangkap akan meminum cairan tubuh ulat. Fenomena yang terekam di Sulawesi, Indonesia ini adalah kali pertama ilmuwan mendokumentasikan perilaku mengerikan tersebut.

KOMPAS.com - Tidak semua ulat tumbuh menjadi kupu-kupu yang indah. Beberapa berakhir menjadi minuman, maksudnya kupu-kupu jantan menghabiskan cairan tubuh ulat untuk menarik perhatian para betina.

Baru-baru ini, para ilmuwan melaporkan bukti pertama kupu-kupu menyedot cairan dari tubuh ulat, baik yang hidup atau pun mati di Sulawesi Utara, Indonesia.

Untuk pertama kalinya, tim peneliti mendokumentasikan kupu-kupu milkweed dewasa menggaruk tubuh ulat hingga menyebabkan luka dengan menggunakan cakar kecil yang ada di kakinya. Dari luka inilah, kupu-kupu bisa menjilat cairan yang keluar.

Kupu-kupu jantan mencari senyawa tertentu yang dihasilkan oleh tanaman milkweed (tanaman berbunga dalam keluarga Apocynaceae), untuk mengusir predator dan membantu kupu-kupu jantan menghasilkan feromon yang bisa menarik betina.

Baca juga: Kenapa Sayap Kupu-kupu Lebih Besar dari Badan? Ahli Temukan Jawabannya

Karena ulat mengunyah tanaman tersebut, sari tanaman milkweed ada di dalam tubuh ulat. Mereka kemudian menjadi sasaran empuk bagi kupu-kupu yang ingin meningkatkan daya tarik secara kimiawi terhadap betina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Larva ulat akan meliukkan tubuh mereka dengan cepat untuk mencegah kupu-kupu jantan melukainya. Meski usaha ini sia-sia," kata para peneliti yang mengamati peristiwa ini.

Mereka menggambarkan pengamatan mereka dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Ecology edisi 8 September 2021.

Kupu-kupu yang masuk famili Danainae dikenal sebagai kupu-kupu milkweed karena sebagian besar ulat dalam kelompok ini memakan tanaman milkweed, yang mengandung alkaloid beracun yang diserap oleh ulat kemudian diolah menjadi bahan kimia berguna yang melindungi mereka dari predator.

"Kegunaan lain alkaloid adalah sebagai feromon kawin, yang diberikan kupu-kupu jantan ke betina melalui sperma. Ini seperti hadiah pernikahan," tulis para ilmuwan.

Menurut Atlas Digital Idaho, sebagian besar spesies kupu-kupu milkweed ditemukan di Asia, tetapi empat spesies hidup di Amerika Utara, salah satunya adalah kupu-kupu raja yang berwarna-warni (Danaus plexippus).

Kupu-kupu jantan dalam keluarga ini dikenal memiliki perilaku unik, suka menggaruk daun dengan cakar kecilnya untuk memperoleh getah berisi alkaloid yang diminum melalui belalai panjang mereka.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.