Kompas.com - 19/09/2021, 17:02 WIB
Pohon raksasa General Sherman

wikimedia.orgPohon raksasa General Sherman

KOMPAS.com - Petugas kebakaran California berlomba dengan waktu untuk menyelamatkan pohon terbesar di dunia.

Pohon terbesar di dunia berdasarkan volume ini diketahui terancam keberadaannya akibat kebakaran hutan yang berkobar di dekatnya.

Petugas kebakaran pun mengambil berbagai langkah penyelamatan. Mengutip Live Science, Sabtu (18/9/2021) petugas kemudian menyelimuti pangkal pohon yang dijuluki General Sherman dengan selimut alumunium tahan api.

Baca juga: 4 Manfaat Menanam Pohon untuk Lingkungan

Berdasarkan National Wildfire Coordinating Group telah terjadi kebakaran yang tak terkendali di Taman Nasional Sequoia California sejak 10 Septermber.

Dan pada Jumat, (17/9/2021) api yang disebabkan oleh badai petir telah menyebar seluas 4599 hektar dan mendekati 'Hutan Raksasa' yang merupakan rumah bagi banyak pohon besar di planet ini.

Salah satunya adalah pohon terbesar di dunia berdasarkan volume, General Sherman.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pohon tersebut menurut National Park Service berusia 2.200 tahun, tinggi 83 meter, dan berdiameter lebih dari 11 meter.

Pohon dengan nama latin Sequoiadendron giganteum ini sebenarnya beradaptasi untuk menahan kebakaran hutan dan mengandalkan api saat akan melepaskan biji mereka.

Tetapi perubahan iklim dan kekeringan memicu kebakaran dengan intensitas lebih tinggi sehingga terlalu panas bahkan untuk pohon raksasa yang beradaptasi dengan api.

Baca juga: Tak Ada Hutan di Gurun Pasir, Kenapa Gurun Sahara Punya Jutaan Pohon?

Lebih lanjut, petugas kebakaran tak hanya membungkus General Sherman saja melainkan juga beberapa pohon raksasa lainnya untuk melindungi mereka dari bara api yang jatuh.

"Ini adalah area yang sangat penting bagi banyak orang jadi banyak upaya khusus dilakukan untuk melindungi hutan," kata Rebecca Paterson, juru bicara Sequoia and Kings Canyon National Parks kepada LA Times.

Selain membungkus dengan alumunium, petugas pemadam kebakaran juga menggunakan api terkendali untuk membersihkan vegetasi di sekitar pohon sehingga tak banyak yang terbakar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.