Kompas.com - 19/09/2021, 08:02 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Sabtu (18/9/2021) hingga Minggu (19/9/2021) pagi. Mulai dari misteri kenapa planet mars berwarna merah hingga bukti baju sudah dibikin 120.000 tahun lalu. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Sabtu (18/9/2021) hingga Minggu (19/9/2021) pagi. Mulai dari misteri kenapa planet mars berwarna merah hingga bukti baju sudah dibikin 120.000 tahun lalu.

KOMPAS.com - Alasan planet Mars berwarna merah membuat banyak pihak bertanya-tanya. Penjelasan terkait ini menjadi salah satu berita populer Sains sepanjang Sabtu (18/9/2021).

Penjelasan di baliknya ternyata ada hubungannya dengan kandungan zat yang dimiliki si planet merat, yakni karena oksidasi besi atau karat.

Selain planet Mars, alasan lamanya gugatan untuk Presiden atas Polusi udara Jakarta, apakah ada planet lain di luar tata surya, hingga bukti pakaian sudah dikenakan sejak 120.000 tahun lalu menjadi berita populer di kanal Sains lainnya.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Sabtu (18/9/2021) hingga Minggu (19/9/2021):

1. Mengapa planet Mars berwarna merah

Planet Mars adalah planet yang bersebelahan dengan Bumi. Tetangga terdekat Bumi ini juga dikenal dengan sebutan Planet Merah karena tampilan warnanya.

Namun, mengapa Mars berwarna merah? Rahasia alam semesta menyimpan fakta dari asal-usul warna merah planet Mars.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti dilansir dari ZME Science, Jumat (17/9/2021), warna planet Mars disebabkan karena oksidasi besi atau karat, senyawa yang terbuat dari dua atom besi dan tiga atom oksigen.

Kendati demikian, masih belum jelas apa penyebab semua oksidasi besi bisa terjadi di permukaan planet Mars.

Baca selengkapnya di sini:

Mengapa Planet Mars Berwarna Merah?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.