Kompas.com - 18/09/2021, 16:02 WIB
Simone Giovanardi via SCIENCE ALERTIlustrasi penguin raksasa Kairuku waewaeroa, penguin ini berkaki panjang. Fosil penguin raksasa kembali menunjukkan bukti Selandia Baru telah menjadi rumah bagi burung-burung raksasa.

KOMPAS.com - Selandia Baru sekitar 27 juta dan 35 juta tahun lalu menjadi rumah bagi sederetan burung raksasa yang luar biasa. Termasuk ditemukannya fosil penguin raksasa.

Di Selandia Baru juga pernah ditemukan burung beo terbesar yang pernah dikenal di Bumi.

Burung itu setinggi pinggang dijuluki Squawk-zilla (Heracles inexpectatus) yang kemungkinan merupakan karnivora sekitar 20 juta tahun lalu.

Masih ada juga burung Moa yang memiliki tinggi hingga 2 meter dan juga Elang Haast (Hieraaetus moorei) yang memiliki lebar sayap 3 meter.

Sekarang peneliti menambahkan lagi daftar hewan raksasa yang ditemukan di area tersebut, yakni penguin raksasa. Bahkan, setelah peneliti melakukan studi, penguin ini pun disebut sebagai spesies baru.