Kompas.com - 18/09/2021, 13:31 WIB
Seni pahatan bergambar unta tertua di dunia ditemukan di Arab Saudi. Bahkan, usia relief unta ini lebih tua dari Stonehenge dan Piramida Giza. AFP via BBC INDONESIASeni pahatan bergambar unta tertua di dunia ditemukan di Arab Saudi. Bahkan, usia relief unta ini lebih tua dari Stonehenge dan Piramida Giza.


KOMPAS.com - Sebuah kajian ungkap serangkaian pahatan bergambar unta pada bebatuan yang ditemukan di Arab Saudi kemungkinan besar merupakan seni pahatan hewan berskala besar tertua di dunia.

Pahatan relief unta itu ditemukan pertama kali pada tahun 2018, para peneliti memperkirakan bahwa seni pahatan itu telah dibuat sekitar 2.000 tahun yang lalu.

Hal itu didasarkan pada kemiripan dengan relief-relief di kota kuno Petra, Yordania.

Kendati demikian, seperti dikutip dari BBC Indonesia, Sabtu (18/9/2021), kajian terbaru mengestimasi bahwa umur rangkaian pahatan unta tersebut berkisar antara 7.000-8.000 tahun lalu.

Untuk memastikan usia seni pahatan unta tertua di dunia pada batuan di era purba ini, adalah tantangan bagi para peneliti.

Sebab, tidak seperti lukisan gua, terkadang tidak ada bahan organik pada pahatan batu untuk dijadikan sampel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Berukuran Setengah Inci, Inilah Karya Seni Pahat Tertua di Asia Timur

 

Selain itu, seni pahatan di batu yang sangat besar, seperti relief unta ini juga sangat jarang ditemukan di kawasan tersebut.

Temuan pahatan patung relief unta tertua di dunia di Arab Saudi ini telah dipublikasikan di Journal of Archeological Science.

Para peneliti, dalam studi ini, menganalisis pola erosi, bekas alat yang digunakan, serta menguji tulang-tulang hewan yang ditemukan di lokasi.

Hal ini dilakukan untuk menentukan umur serangkaian pahatan relief unta ini.

Akhirnya, diperoleh dalam penelitian ini bahwa ternyata pahatan relief unta di Arab Saudi ini lebih tua dari karya seni purba lainnya, seperti Stonehenge yang berusia 5.000 tahun, maupun Piramida Giza yang berusia 4.500 tahun.

Baca juga: Diukur di Batu, Ini Karya Seni Tertua Inggris Berusia 23.000 Tahun

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.