Kompas.com - 14/09/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi sapi Australia di padang rumput. SHUTTERSTOCK/SHERJACAIlustrasi sapi Australia di padang rumput.


KOMPAS.com - Ada yang menarik dari sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Universitas Auckland di Selandia Baru. Para peneliti ini sengaja melatih sapi-sapi muda supaya mereka bisa buang air di toilet.

Lantas, apa maksud peneliti melakukan studi terhadap sapi dilatih gunakan toilet?

Rupanya, hal tersebut dilakukan sebagai upaya agar kotoran hewan ternak ini tak mencemari atau memicu pelepasan gas berbahaya.

Mengutip New Scientist, Selasa (14/9/2021), nitrat dari urin ternak diketahui dapat mencemari air tanah dan berpotensi mengancam kesehatan manusia.

Terlebih lagi, ketika urin dan kotoran sapi atau ternak bercampur akan memunculkan nitrous oxide yang dapat menyebabkan masalah pernapasan dan berkontribusi pada pemanasan global.

Dengan melatih sapi untuk buang air secara langsung ke semacam toilet, ada potensi untuk menemukan cara menjaga air dan udara tetap bersih, serta meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bagi manusia dan hewan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Ini Potongan Daging Sapi yang Paling Sehat dan Rendah Lemak

 

Dalam studinya, Lindsay Mattews, dari Universitas Auckland, Selandia Baru bersama rekan-rekannya melatih 16 ekor sapi berusia 5 bulan untuk dilatih gunakan toilet saat mereka buang air.

Sapi-sapi dilatih untuk menggunakan toilet berlantai plastik yang dibuat khusus saat mereka merasa perlu buang air.

Pelatihan terdiri dari 3 tahap. Pertama, tim peneliti menempatkan sepasang anak sapi di toilet hingga mereka buang air kecil kemudian memberi mereka hadiah melalui dispenser otomatis.

Selanjutnya, tim menempatkan anak sapi di gang sepanjang 2 meter di sebelah toilet yang memiliki gerbang yang dapat dibuka oleh hewan untuk masuk ke toilet.

Saat sapi buang air di dalam toilet, mereka akan mendapatkan makanan enak. Akan tetapi jika anak sapi buang air di gang, tim akan mengaktifkan alat penyiram air yang menyemprotnya selama 3 detik. Itu menjadi hal yang tak menyenangkan bagi hewan.

Baca juga: Tinggi Setengah Meter, Inilah Sapi Terkecil di Dunia dari Bangladesh

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.