Kompas.com - 14/09/2021, 18:03 WIB
Ilustrasi waxing shutterstockIlustrasi waxing

KOMPAS.com - Salah satu metode waxing untuk menghilangkan rambut di area genital adalah Brazilian Wax.

Jika bikini wax menghilangkan rambut kemaluan yang tumbuh di luar batas garis bikini, Brazilian wax adalah metode menghilangkan rambut dari seluruh area genital, termasuk rambut yang ada di perineum dan antara bokong.

Dr. Suzanne Gagnon, seorang dokter kulit di Montreal mengatakan, area kemaluan yang tanpa rambut kemungkinan tak menyebabkan masalah kesehatan genital, tapi prosedur Brazilian wax bisa berisiko.

Baca juga: Mencukur Dapat Membuat Rambut Tumbuh Lebih Tebal, Benarkah?

“Iritasi, peradangan, dan infeksi dapat terjadi, dan jika Anda memiliki sistem kekebalan yang rendah, Brazilian wax bisa berbahaya,” ujarnya.

Menurutnya, masalah bisa terjadi, jika terapis melakukan waxing dengan cara yang tidak tepat. Selain itu juga, jika Anda mengenakan pakaian terlalu ketat setelah prosedur Brazilian waxing.

Ini karena, kulit area genital lebih halus daripada area lain di tubuh, sehingga akan lebih rentan terjadi pembengkakan dan infeksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sementara iritasi dari prosedur Brazilian wax dapat menyebabkan gatal, yang selanjutnya bisa menyebabkan luka dan peradangan, serta mungkin menyebabkan infeksi,” Kata Gagnon.

Selain itu, kelembaban alami daerah genital sudah membuatnya rentan terhadap pertumbuhan bakteri dan jamur, dengan menghilangkan semua rambut yang ada di area itu sebagai pelindung, menurut Gagnon, dapat meningkatkan kemungkinan infeksi juga.

Risiko Brazilian wax

Seperti metode penghilang rambut lainnya, menghilangkan rambut kemaluan dengan prosedur Brazilian waxing juga memiliki beberapa efek samping potensial.

Melansir Healthline, kulit di area kemaluan mungkin akan tampak kemerahan atau muncul benjolan setelah Anda melakukan Brazilian waxing. Ini efek samping yang umum dan akan mereda dalam 24 jam ke depan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.