Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moderna Kombinasikan Vaksin Covid-19 dengan Vaksin Flu, untuk Apa?

Kompas.com - 11/09/2021, 12:02 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Perusahaan farmasi Moderna Inc yang berkantor pusat di AS, tengah mengembangkan vaksin booster dengan mencampurkan vaksin Covid-19 dengan flu.

Moderna berharap, vaksin campuran ini dapat digunakan untuk melawan virus pernapasan (RSV) dan dapat digunakan sebagai suntikan tahunan.

Chief Executive Officer Moderna Stéphane Bancel mengatakan, Moderna saat ini tengah melakukan uji klinis vaksin RSV dari kombinasi vaksin Covid-19 dan vaksin flu untuk orang lanjut usia (lansia).

Baca juga: Fakta Vaksin Sekali Suntik Johnson & Johnson yang Dapat Izin EUA BPOM

"Kami percaya ini adalah peluang besar, jika kami berhasil membuat vaksin untuk melawan penyakit pernapasan dengan khasiat tinggi," kata Bancel seperti dilansir dari Reuters, Jumat (10/9/2021).

Dalam pengumumannya, Moderna berkata sudah memiliki beberapa kandidat vaksin influenza yang masih dikembangkan, salah satunya vaksin yang menggabungkan vaksin flu dan Covid-19.

Menurut analis Oppenheimer & Co Hartaj Singh, uji klinis vaksin kombinasi kemungkinan akan berlangsung selama 6-12 bulan.

Update vaksin Covid-19 anak

Moderna juga tengah melakukan uji klinis tahap menengah vaksin Covid-19 untuk anak berusia 6 bulan hingga 11 tahun.

Pengujian ini menggunakan dosis suntikan 50 mikrogram dalam uji coba pediatrik yang melibatkan 4.000 anak.

Baca juga: Studi: Efektivitas Vaksin Pfizer dan Moderna Terus Berkurang, Apa Penyebabnya?

Vaksin Moderna, yang menerima otorisasi penggunaan darurat untuk dua dosis 100 mikrogram untuk orang berusia 18 tahun ke atas di AS pada bulan Desember, saat ini sedang ditinjau oleh FDA untuk digunakan pada remaja.

Moderna mengatakan studi pemilihan dosis untuk kelompok usia yang berbeda seperti 2 tahun hingga kurang dari 6 tahun, dan 6 bulan hingga di bawah 2 tahun, masih berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com