Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2021, 17:02 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Tanpa tulang dan otot, manusia tidak akan bisa bergerak. Tulang pada tubuh manusia adalah alat gerak pasif dan otot adalah alat gerak aktif.

Tidak hanya berfungsi sebagai alat gerak, tulang juga berfungsi untuk menjaga organ-organ vital manusia.

Rangka tubuh manusia tersusun dari 206 potong tulang yang saling berhubungan. Tulang-tulang yang menyusun rangka tubuh manusia terdiri dari tiga kelompok besar, yakni tulang tengkorak, tulang badan, dan tulang anggota gerak.

Dilansir dari buku Sistem Gerak dan Sirkulasi, tulang badan terdiri atas ruas-ruas tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk, tulang gelang bahu, dan tulang gelang pinggul atau panggul.

1. Tulang belakang

Tulang belakang terletak di bagian tengah tubuh. Fungsinya adalah untuk menopang tubuh dan menjadi tempat melekatnya tulang rusuk.

Baca juga: Macam-macam Tulang Berdasarkan Bentuknya

Jumlah ruas tulang belakang adalah ruas yang terdiri atas 7 ruas tulang leher, 12 ruas tulang punggung, 5 ruas tulang pinggang, 5 ruas tulang kelangkang, dan 4 ruas tulang ekor.

Struktur dan ruas tulang belakang bervariasi karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

2. Tulang dada

Tulang dada merupakan tempat melekatnya tulang rusuk bagian depan. Tulang dada terdiri dari tiga bagian, yakni bagian hulu (tangkai), bagian dada, dan bagian taju pedang.

3. Tulang rusuk

Tulang rusuk atau tulang iga terdiri tiga jenis tulang, yakni 7 pasang tulang rusuk sejati, 3 pasang tulang rusuk palsu, dan 2 pasang tulang rusuk melayang.

4. Tulang gelang bahu

Tulang gelang bahu terdiri atas 2 tulang belikat dan 2 tulang selangka. Adapun tulang belikat merupakan tulang yang melekat pada rusuk.

Baca juga: Osteoporosis, Penyakit Tulang yang Bisa Buat Tulang Patah Tiba-Tiba

Bentuk tulang belikat adalah segitiga pipih dengan tonjolan yang disebut gagak. Sementara itu, tulang selangka melekat pada tulang dada.

5. Tulang gelang panggul

Tulang gelang panggul terdiri atas 2 tulang pinggul, 2 tulang duduk, dan 2 tulang kemaluan. Ketiga jenis tulang tersebut berkaitan erat membentuk suatu lingkaran yang berlubang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com