4 Fakta Kemenangan Astronom Indonesia dalam Kontes Astrofotografi Internasional

Kompas.com - 07/09/2021, 18:30 WIB
Juara 2 IAU OAE Astrophotography Contest 2021, kategori Gerhana bulan total: The Eclipse Between Us, oleh Muhammad Rayhan, Indonesia. Melalui astrofotografi, patahkan mitos gerhana bulan. Muhammad Rayhan/IAU OAEJuara 2 IAU OAE Astrophotography Contest 2021, kategori Gerhana bulan total: The Eclipse Between Us, oleh Muhammad Rayhan, Indonesia. Melalui astrofotografi, patahkan mitos gerhana bulan.

KOMPAS.com - Belum lama ini, Muhammad Rayhan yang merupakan Astronom Planetarium dan Observatorium Jakarta berhasil memenangkan kontes astrofotografi tingkat internasional.

Kontes astrofotografi tersebut diselenggarakan oleh International Astronomical Union, Office of Astronomy for Education (IAU OAE), organisasi astronomi internasional yang menyatukan lebih dari 12.000 astronom profesional aktif dari 100 negara.

Berikut fakta-fakta dari kemenangan Rayhan:

1. Melawan 57 Negara

Dilansir dari situs resmi IAU, Selasa (9/9/2021), OAE telah menerima hampir 700 gambar dari 57 negara dalam kontes tersebut.

Terdapat 10 kategori yang diperlombakan, di antaranya adalah aurora (gambar dan time-lapse), komet, polusi cahaya, hujan meteor, jejak bintang, halo Matahari atau Bulan, gerhana bulan total, wide star fields dan Satelit Galileo.

Penilaian karya tidak hanya dilihat dari segi estetika dan teknis saja, tetapi juga nilai pendidikan astronomi untuk pengajaran sekolah dasar dan menengah.

Nah, Rayhan berhasil mendapatkan peringkat kedua pada kategori gerhana bulan total dengan karyanya yang berjuduol "The Eclipse Between Us".

Baca juga: Melalui Karya Astrofotografi, Astronom Ini Patahkan Mitos Gerhana Bulan

Bersama dengan foto-foto pemenang lainnya, "The Eclipse Between Us" kini berada di bawah Lisensi Internasional, Creative Commons Attribution (CC BY) 4.0, dan dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan pendidikan secara gratis sementara pemilik foto tetap akan memegang hak cipta atas gambar mereka.

Kontes astrofotografi ini memang dibuat untuk bisa mengumpulkan materi pendidikan tentang topik astronomi dalam bentuk foto maupun video berkualitas tinggi yang mudah diakses.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.