Amankah bagi Manusia Melakukan Misi Perjalanan ke Mars? Ini Penjelasan Ilmuwan

Kompas.com - 06/09/2021, 19:45 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa Negara mulai mencari petunjuk kemungkinan adanya kehidupan di Mars. Sebut saja Badan antariksa Jepang (JAXA) yang berencana meluncurkan robot penjelajah pada 2024 untuk mendarat di Phobos, bulan Mars.

Robot penjelajah itu nantinya akan bertugas membawa sampel permukaan bulan Mars sebelum 2029.

Namun sebenarnya, mungkinkah manusia melakukan misi perjalanan ke Mars?

Melakukan perjalanan ke Mars tentu bukan hal mudah. Dibutuhkan ilmuwan dan insinyur untuk mengatasi berbagai hambatan teknologi dan keselamatan selama perjalanan dan selama berada di Mars.

Baca juga: Cari Kehidupan di Mars, Robot Perseverance NASA Mulai Kumpulkan Batuan

Salah satu risiko besar yang akan dihadapi adalah radiasi partikel dari matahari, bintang-bintang yang jauh, dan galaksi-galaksi.

Ada dua pertanyaan kunci terkait rintangan itu. Akankah radiasi partikel menimbulkan ancaman yang terlalu serius bagi kehidupan manusia selama perjalanan pulang pergi ke planet merah?

Dan, bisakah pemilihan waktu misi ke Mars membantu melindungi astronot dan pesawat ruang angkasa dari radiasi?

Melansir Science Daily, dalam sebuah artikel baru yang diterbitkan dalam jurnal peer-review Space Weather, tim ilmuwan antariksa internasional, termasuk peneliti dari UCLA, menjawab dua pertanyaan itu dengan "tidak" dan "ya."

Artinya, manusia seharusnya dapat melakukan perjalanan ke dan dari Mars dengan aman, asalkan pesawat ruang angkasa memiliki pelindung yang cukup dan perjalanan pulang pergi dilakukan tidak lebih dari empat tahun.

Sementara itu, pemilihan waktu perjalanan manusia ke Mars memang akan membuat perbedaan. Para ilmuwan menentukan, bahwa waktu terbaik untuk penerbangan meninggalkan Bumi adalah ketika aktivitas matahari mencapai puncaknya, yang dikenal sebagai maksimum matahari.

Perhitungan para ilmuwan menunjukkan, bahwa akan mungkin untuk melindungi pesawat ruang angkasa di Mars dari partikel energik matahari, karena selama matahari maksimum, partikel paling berbahaya dan energik dari galaksi jauh dibelokkan oleh peningkatan aktivitas matahari.

Menurut Yuri Shprits, peneliti geofisika UCLA dan rekan penulis penelitian, penerbangan rata-rata ke Mars memakan waktu sekitar sembilan bulan. Jadi, tergantung pada waktu peluncuran dan bahan bakar yang tersedia.