Kompas.com - 06/09/2021, 08:31 WIB

KOMPAS.com - Struktur atom adalah susunan partikel dasar dalam atom. Atom berasal dari bahasa Yunani yaitu atomos yang berarti tidak dapat dibagi. Nama ini diberikan karena atom merupakan struktur terkecil yang tidak bisa diurai lagi.

Terdapat tiga komponen partikel penyusun atom, yaitu elektron, proton, dan neutron.

Elektron

Elektron ditemukan oleh J. J. Thomson pada tahun 1897. Penelitian ini terinspirasi dari penemuan sebelumnya yang dilakukan oleh William Crookes, George Johnstone Stoney, dan Antoine Henri Becquerel.

Penemuan sebelumnya menemukan terdapat seberkas sinar yang muncul dari arah katoda menuju ke anoda. Sinar ini disebut dengan sinar katoda.

Hasil percobaan tersebut menunjukkan bahwa elektron memiliki muatan negatif (-1) dan massa elektron adalah 0.

Baca juga: Sejarah Penemuan Proton

Proton

Proton ditemukan pada tahun 1886 oleh Eugene Goldstein. Penemuan ini terjadi karena dipicu pemikiran bahwa tidak mungkin atom bersifat netral tetapi hanya memiliki elektron saja.

Goldstein melakukan percobaan dengan tabung gas yang memiliki katoda yang diberi lubang-lubang yang diberi muatan listrik. Dia mencoba berbagai gas dalam tabung tersebut.

Ternyata gas hidrogen yang menghasilkan sinar muatan positif. Sehingga partikel ini disebut dengan proton. Proton memiliki massa 1 sma (satuan massa atom) dan muatan proton positif (+1).

Neutron

Partikel penyusun atom yang bermuatan netral adalah neutron. Penemuan neutron ini berangkat dari penemuan Ernest Rutherford yang menyebutkan terdapat inti atom.

Rutherford menyebutkan bahwa atom terdiri dari inti atom yang bermuatan positif dan dikelilingi elektron yang bermuatan negatif.

Namun, inti atom tidak seimbang jika hanya mengandung massa proton. Dia memprediksi bahwa ada partikel lain yang menyusun inti atom.

James Chadwick pada tahun 1932 berhasil menemukan neutron. Ia menemukan partikel yang mempunyai daya tembus tinggi dan tidak terpengaruh medan magnet maupun medan listrik. Partikel ini bersifat netral atau tidak bermuatan.