Kompas.com - 05/09/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi kelomang SHUTTERSTOCK/Paul TessierIlustrasi kelomang

KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara dengan mega-biodiversitas karena memiliki keanekaragaman biota laut yang tinggi, salah satunya adalah kelomang. Namun ternyata, belum semua jenis kelomang di Indonesia telah terungkap.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Dwi Listyo Rahayu, Peneliti Utama Bidang Oseanografi di Balai Bio Industri Laut Mataram, Pusat Penelitian Oseanografi LIPI, dalam acara LIPI Sarwono Award XIX, Senin (23/8/2021).

"Saat ini walaupun telah banyak penelitian keanekaragaman jenis kelomang, belum semua jenis yang ada telah terungkap," ujar profesor yang akrab dipanggil Bu Yoyo.

Menurutnya, kelomang merupakan salah satu hewan invertebrata dengan tingkah laku yang unik.

Baca juga: Sampah Plastik di Laut Bikin Kelomang Tak Bisa Kenali Makanannya

Kelomang menjadikan cangkang keong yang kosong sebagai rumahnya. Cangkang itu pun akan dibawa ke mana pun mereka pergi, dan terkadang mereka bersembunyi di dalamnya.

Bagi para peneliti, perilaku kelomang yang unik ini sangat menarik untuk diteliti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kelomang bisa ditemui di pesisir maupun laut dalam, salah satunya di daerah pasang surut di belakang kantor LIPI di Lombok.

"Dengan luas 1 hektar, saya telah menemukan setidaknya ada 2 jenis baru kelomang" kata Bu Yoyo.

Karenanya, tidak menutup kemungkinan bahwa di daerah lain dengan wilayah yang lebih luas dan ekosistem yang berbeda, bisa ditemukan jenis kelomang yang baru.

Yoyo menambahkan, sebagai peneliti yang menekuni taksonomi morfologi, tentunya banyak tantangan yang dihadapi.

Kesulitan menemukan literatur tua adalah salah satu di antaranya. Hal tersebut terjadi karena menekumi taksonomi diibaratkan seperti sedang mempelajari sejarah pada biota yang diteliti.

Untuk memahaminya, peneliti harus mempelajari keseluruhan terkait keturunan, ekosistem, habitat dan tingkah laku dari biota tersebut.

Tantangan lain yang ditemukan adalah perlu pengamatan dan pembandingan secara langsung dengan individu hewan yang merupakan representasi dari jenis yang didistribusi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.