Kompas.com - 05/09/2021, 10:00 WIB

KOMPAS.comPeristiwa keluarnya ovum dari ovarium disebut ovulasi. Proses inilah yang menandakan masa subur pada seorang wanita.

Jika Anda dan pasangan sedang mencoba untuk hamil, penting untuk melakukan hubungan seksual secara rutin lima hari sebelum terjadinya ovulasi. Setelah terjadi ovulasi, sel telur harus dibuahi dalam waktu 12 sampai 24 jam.

Sperma mampu bertahan di dalam rahim hingga lima hari setelah berhubungan seksual. Jika terdapat sperma di tuba falopi ketika terjadi ovulasi, maka kemungkinan terjadi kehamilan akan semakin tinggi.

Waktu terjadinya ovulasi

Siklus menstruasi pada wanita terjadi dalam 28 hari sekali. Ovulasi akan terjadi 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Namun, waktu ovulasi bisa terjadi hingga 4 hari lebih cepat atau lebih lambat dari jadwal tersebut.

Jika siklus menstruasi tidak tepat 28 hari, Anda bisa menghitungnya dengan mencatat siklus menstruasi dan mencari titik tengak dari siklus Anda.

Baca juga: Peluang Keberhasilan dan Efek Samping Terapi Induksi Ovulasi untuk Pasangan Sulit Hamil

Tanda-tanda ovulasi

Walaupun bisa diprediksi menggunakan kalendar, Anda juga bisa memperhatikan perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Berikut ini adalah tanda-tanda terjadinya ovulasi:

1. Perubahan sekret vagina

Sebelum ovulasi, vagina akan mengeluarkan cairan yang lebih banyak. Cairan yang keluar berwarna bening dan lebih cair. Setelah ovulasi, cairan vagina akan terlihat lebih keruh, lebih sedikit, dan lebih kental.

2. Perubahan suhu basal

Suhu basal adalah suhu tubuh ketika sedang beristirahat. Suhu basal akan meningkat ketika terjadi ovulasi. Ukur suhu tubuh setiap bangun di pagi hari sebelum turun dari tempat tidur.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.