Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-Macam Arus Listrik dan Manfaatnya Bagi Manusia

Kompas.com - 05/09/2021, 09:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Listrik adalah energi yang luar biasa dan memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Listrik dapat mengalir melalui bahan pengantar.

Pengantar ini akan menghubungkan kutub-kutub sumber listrik yang terletak di dalam medan listrik. Medan listrik inilah yang menyebabkan elektron bergerak dan mengalirkan listrik. Peristiwa ini disebut dengan arus listrik.

Arus listrik mengalir dari kutub berpotensi tinggi ke kutub berpotensi rendah. Sedangkan yang berasal dari generator, arahnya ada yang tetap dan ada yang berubah. Berdasarkan arahnya, arus listrik dibagi menjadi dua jenis yaitu:

1. Arus searah

Arus searah adalah aliran yang arahnya tetap. Arus ini disebut dengan DC atau Direct Current. Penggunaan arus searah dalam kehidupan sehari-hari adalah penggunaan radio, baterai, panel surya, dan komputer.

Alat-alat elektronik bisa mengubah arus AC ke DC dengan menggunakan alat rectifier untuk menjadikannya sumber daya listrik. Selain itu, voltasenya juga bisa disesuaikan agar sesuai dengan kebutuhan suatu alat elektronik tertentu.

Arus listrik ini tidak bisa melakukan perjalanan yang jauh, karena akan melemah seiring bertambahnya jarak tempuh.

Baca juga: Serba Terbatas, Begini Kehidupan Manusia Sebelum Adanya Listrik

2. Arus bolak-balik

Arus bolak-balik adalah aliran yang arahnya tidak tetap. Arus ini disebut juga dengan AC atau Alternating Current. Pada arus ini, elektron bebas bergerak maju dan mundur.

Aliran elektron pada arus ini berputar dalam sebuah kumparan dalam medan magnet. Arus ini mampu berpindah lebih jauh dari arus DC.

Contoh penggunaan arus listrik bolak balik adalah listrik PLN, listrik dari generator, setrika, dan lampu.

Arus listrik diukur dari banyaknya elektron yang mengalir. Satuan internasional untuk arus listrik adalah Ampere.

Manfaat kedua arus listrik

Saat ini lebih banyak alat elektronik yang menggunakan arus DC karena arusnya lebih lancar. Namun, bukan berarti kita bisa hidup tanpa arus AC. Tidak ada atus yang lebih baik diantar keduanya. Keduanya penting untuk keperluan yang berbeda.

Faktanya, AC mendominasi kebutuhan arus listrik. Hal ini karena AC adalah arus yang membawa listrik ke semua bangunan untuk memenuki kebutuhan manusia.

Dengan memanfaatkan arus AC, orang yang tinggal jauh dari pembangkit listrik sekalipun tetap bisa merasakan manfaat listrik untuk kebutuhan sehari-hari.

Sedangkan arus DC juga bermanfaat terutama bagi peralatan yang butuh menyimpan daya di dalam alatnya. Contohnya seperti ponsel, laptop, generator, senter, dan berbagai peralatan elektronik yang memiliki baterai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com