Kompas.com - 04/09/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi Memakai masker ganda dapat meningkatkan perlindungan terhadap Covid-19. Salah satu cara mencegah infeksi virus corona, dan mencegah kasus Covid-19 bertambah. SHUTTERSTOCK/Bekker24Ilustrasi Memakai masker ganda dapat meningkatkan perlindungan terhadap Covid-19. Salah satu cara mencegah infeksi virus corona, dan mencegah kasus Covid-19 bertambah.


KOMPAS.com -  Kasus Covid-19 di Indonesia, hingga saat ini masih terus bertambah dan seluruh lapisan masyarakat diminta untuk selalu waspada, serta optimal dalam upaya mencegah penularan infeksi virus corona.

Update jumlah pasien Covid-19 di Indonesia oleh Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 hingga hari Kamis (2/9/2021), tercatat ada penambahan jumlah kasus positif virus corona sebanyak 8.955 kasus.

Hingga total keseluruhan kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 4.109.093 kasus sejak pertama terkonfirmasi pada 2 Maret 2020 lalu.

Hal ini dianggap mengkhawatirkan karena jumlah pasien meninggal duni akibat infeksi Covid-19 ini juga terus bertambah.

Data update terakhir pada hari yang sama, pasien meninggal dunia akibat infeksi Covid-19 bertambah 680 pasien, hingga totalnya menjadi 134.356 orang.

Melihat kondisi yang semakin mengkhawatirkan ini, para ahli selalu mengingatkan meskipun jenuh dan kesal dengan keadaan saat ini, tetapi mencegah diri dan keluarga dari risiko potensi infeksi Covid-19 ini menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Studi Awal, Vaksin Flu Dapat Kurangi Infeksi Virus Corona Covid-19

 

Lalu, agar kasus Covid-19 tidak terus bertambah, bagaimana cara kita mencegah penularan infeksi virus corona?

Dokter Spesialis Paru, sekaligus anggota Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDI), Dr Catur Elvi mengatakan, pencegahan dari infeksi Covid-19 itu sangat penting dan jelas lebih baik daripada mengobati.

"Jadi, untuk saat ini untuk pencegahan penularan atau transmisi Covid-19 ini sudah sangat sering dijargonkan dan diungkapkan oleh banyak pihak terkait, baik itu peneliti, dokter ahli, tokoh terkait hingga dinas kesehatan dan sosial, dan ini memang sangat penting untuk kita lakukan," kata dia.

Berikut 6 cara mencegah infeksi Covid-19 yang perlu kita lakukan.

1. Mencuci tangan dengan benar

Cara pertama yang disampaikan oleh Catur adalah mencuci tangan dengan benar. Untuk mencuci tangan secara benar itu, kita bisa melakukannya dengan air mengalir dan sabun.

Bila tidak ada air mengalir dengan sabun, maka kita bisa membersihkan tangan kita dengan menggunakan hand sanitizer dan alkohol 65-70 persen.

Ini adalah salah satu cara untuk mencegah infeksi virus corona dan upaya untuk mencegah kasus Covid-19 di Indonesia bertambah dengan cara sederhana.

Baca juga: Efek Infeksi Virus Corona ini Bikin Bingung Dokter, Kok Bisa?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.