Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"The Accident", Katai Cokelat Misterius yang Sembunyi di Galaksi Kita

Kompas.com - 01/09/2021, 20:32 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Katai cokelat bukanlah bintang, juga bukan planet. Menariknya, ternyata populasi katai cokelat ada lebih banyak dari yang diperkirakan sebelumnya.

Menurut studi terbaru, objek kosmis ini bersembunyi di galaksi kita.

Katai cokelat adalah jenis objek subbintang yang memiliki massa antara planet raksasa gas dan bintang, yaitu antara 13 sampai 75-80 kali massa Jupiter. Di bawah jumlah massa ini ada objek bernama katai sub-cokelat, dan di atasnya terdapat katai merah.

Sebuah studi baru memberi penjelasan tentang bagaimana objek kosmik aneh yang disebut WISEA J153429.75-104303.3 — dijuluki The Accident — muncul.

Baca juga: Apakah Benar Langit Malam Berwarna Hitam? Ini Penjelasan Lapan

The Accident adalah katai cokelat. Meski bentuknya seperti bintang, objek ini tidak memiliki massa yang cukup untuk memulai fusi nuklir, proses yang menyebabkan bintang bersinar.

Kendati katai cokelat terkadang menentang karakterisasi, para astronom setidaknya sudah memahami karakteristiknya secara umum.

Nama The Accident diberikan karena objek ini ditemukan secara tidak sengaja. The Accident lolos dari pencarian normal karena bentuknya sama sekali tidak mirip dengan lebih dari 2.000 katai cokelat yang sudah ditemukan sebelumnya.

Seiring bertambahnya usia katai coklat, mereka mendingin, dan kecerahannya dalam berbagai panjang gelombang cahaya berubah.

Hal ini sama seperti logam. Ketika dipanaskan warnanya putih terang dan setelah mendingin jadi merah tua.

Dilansir dari Phys.org, Rabu (1/9/2021), The Accident membingungkan para ilmuwan karena redup dalam beberapa panjang gelombang utama. Ini menunjukkan bahwa objek itu sangat dingin dan tua.

Namun di lain waktu, the Accident menunjukkan kecerahan yang menandakan suhu meningkat lebih tinggi.

"Objek ini menentang semua hal yang kami ketahui," kata Davy Kirkpatrick, astrofisikawan di IPAC di Caltech di Pasadena, California.

Dalam laporan yang terbit di The Astrophysical Journal Letters, Davy dan rekannya mencatat bahwa the Accident mungkin berusia 10 miliar hingga 13 miliar tahun, setidaknya dua kali lipat usia rata-rata katai cokelat lainnya yang diketahui.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com