Kompas.com - 31/08/2021, 19:15 WIB
Ilustrasi langit malam hari tampak berwarna hitam. Shutterstock/Nazar YosyfivIlustrasi langit malam hari tampak berwarna hitam.


KOMPAS.com - Ketika malam hari, biasanya kita menyebut langit akan tampak hitam kelam di pandangan kita. Akan tetapi apakah benar langit yang kita lihat tersebut berwarna hitam?

Mengenai persepsi langit malam berwarna hitam ini, Peneliti Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Andi Pangerang pun angkat bicara.

Menurut Andi, fenomena warna-warni di langit terkait dengan hamburan sinar Matahari oleh partikel-partikel gas di atmosfer Bumi, dan warna hitam saat malam hari itu bukanlah warna sesungguhnya. 

"Pada dasarnya, hitam bukanlah warna," kata Andi kepada Kompas.com, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Mengapa Langit Gelap Saat Malam?

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Andi menjelaskan, apa yang kita persepsikan sebagai warna, dalam hal ini langit malam hari yang berwarna hitam, pada dasarnya adalah spektrum elektromagnetik yang dipantulkan kembali ke mata kita.

Di mana di dalam bola mata kita terdapat tiga sel kerucut dan satu sel batang. Keempatnya terletak di retina di belakang bola mata kita. 

Masing-masing sel kerucut ini peka terhadap tiga warna yaitu merah, hijau dan biru. Sedangkan sel batang peka terhadap intensitas cahaya yang rendah. 

Prinsip serupa diterapkan oleh alat optik yang menggunakan charge-coupled device atau CCD, semacam sensor yang berfungsi untuk menangkap gambar, yang mana itu terjadi saat mempersepsikan langit malam yang kita lihat berwarna hitam.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Banyak Bintang, Mengapa Langit Malam Hari itu Gelap?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.