Haruskah Kita Mandi Setiap Hari agar Badan Bersih? Ini Kata Ahli

Kompas.com - 30/08/2021, 08:03 WIB

KOMPAS.com - Mandi adalah kegiatan rutin harian yang tidak bisa ditinggalkan oleh sebagian orang. Namun, siapa sangka ternyata mandi setiap hari tidak diperlukan untuk kesehatan tubuh manusia.

Mengutip Healthline, Minggu (29/8/2021), Derrick Phillips, Konsultan Dermatologis di Cadogan Clinic, London, mengatakan bahwa mandi sekali sehari memiliki manfaat optimal untuk alasan sosial, tetapi tidak untuk kesehatan.

“Mandi sekali sehari sudah cukup bagi sebagian besar anak-anak dan orang dewasa untuk menjaga tingkat kebersihan yang dapat diterima secara sosial,” katanya.

Baca juga: Agar Sehat dan Bersih, Berapa Kali Harus Mandi dalam Sehari?

Ketika membicarakan mengenai efek mandi terhadap kesehatan, sebenarnya tubuh manusia memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatannya sendiri. Kulit dapat membersihkan diri dan terkelupas secara alami.

"Menggosok badan membantu menghilangkan kotoran dan membuat kita merasa lebih bersih, tapi itu tidak perlu," tambah Phillips.

Dengan kata lain, mandi setiap hari membuat tubuh terasa segar dan bersih. Namun, menggosok tubuh dari kepala hingga kaki setiap hari sebenarnya tidak membuat kita "lebih bersih".

Sementara itu, beberapa orang khawatir mandi setiap hari justru dapat membahayakan kulit, seperti membuat kulit kering, masalah pada kulit, infeksi kulit, dan gangguan mikrobioma pada kulit.

Menanggapi hal ini, Dokter Kulit di New York, dr Adarsh Mudgil, berpendapat bahwa hanya sedikit bukti yang mendukung narasi bahwa mandi setiap hari berbahaya.

Mudgil mengatakan bahwa di lingkungan yang dingin tidak masalah jika tidak mandi setiap hari, tetapi bukan berarti mandi setiap hari akan membahayakan kulit.

Mandi setiap hari bisa membuat kulit lebih kering jika tidak diberi pelembab kulit, hanya itu yang bisa dibuktikan. Sementara efek pada mikrobioma sifatnya masih spekulatif,” ujarnya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.