Kompas.com - 29/08/2021, 12:31 WIB

KOMPAS.com - Setiap makhluk hidup perlu bernafas untuk hidup, termasuk ikan. Ikan adalah hewan yang hidup di air dan memiliki sistem pernapasan yang berbeda dengan kita.

Pernapasan disebut juga dengan respirasi. Respirasi adalah proses pengambilan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida dari dalam tubuh.

Sistem pernapasan pada ikan

Proses pernapasan pada ikan sangat berbeda dengan manusia. Ikan bernapas menggunakan insang. Insang adalah organ yang biasanya terletak di samping badan ikan.

Insang berbentuk lembaran-lembaran tipis berwarna merah muda dan lembap. Lembaran ini mengandung banyak filamen. Pada filamen inilah terdapat pembuluh darah yang memiliki banyak kapiler dan menjadi tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.

Terdapat sedikit perbedaan insang pada ikan, berdasarkan jenis ikannya. Perbedaan ini terbagi menjadi tiga, pada ikan bertulang sejati (Osteichtyes), ikan bertulang rawan (Chondrichtyes), dan kelompok ikan tanpa insang.

Ikan bertulang sejati memiliki insang yang dilengkapi dengan tutup insang. Tutup ini disebut dengan operkulum. Sedangkan ikan bertulang rawan, insangnya tidak memiliki tutup insang.

Jenis terakhir adalah kelompok ikan tanpa insang. Jenis ini bernapas dengan gelembung udara yang disebut pulmosis. Contohnya adalah ikan paru-paru (Dipnoi).

Baca juga: Bisakah Ikan Mati karena Tenggelam?

Bagian-bagian insang

Insang merupakan organ yang rumit dan memiliki banyak bagian:

  1. Operkulum: berfungsi melindungi bagian kepala dan mengatur mekanisme aliran air sewaktu bernapas.
  2. Membran brankiostega: katup pada waktu air masuk ke rongga mulut.
  3. Lengkung insang (arkus brankialis): tempat melekatnya tulang tapis insang. Terdapat banyak pembuluh darah dan pembuluh saraf.
  4. Tulang tapis insang: berfungsi mencegah organisme makanan melalui celah insang.
  5. Lembaran insang: tempat pertukaran oksigen dan karbon dioksida.
  6. Filamen insang
  7. Tapis insang, menjaga agar tidak ada benda asing yang masuk ke dalam rongga insang.

Fungsi insang pada ikan

Ternyata, insang bukan hanya organ pernapasan saja. Berikut fungsi insang pada ikan:

  1. Alat pernapasan
  2. Alat ekskresi garam
  3. Penyaring makanan
  4. Alat pertukaran ion
  5. Osmoregulator

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.