Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Serealia: Pengertian, Contoh, dan Kandungan

Kompas.com - 27/08/2021, 19:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Kelompok tanaman pangan yang ditanam untuk dipanen bijinya sebagai sumber karbohidrat disebut sebagai tanaman serealia.

Serealia adalah jenis tumbuhan yang termasuk ke dalam golongan padi-padian. Kelompok serealia menjadi penting karena kandungan nutrisinya.

Adapun kandungan utama pada serelia adalah karbohidrat. Oleh sebab itu, pangan dari tanaman serealia dapat dijadikan makanan pokok di samping nasi.

Biji tumbuhan serealia adalah tipe khusus yang disebut kariopsis. Biji-bijian serealia yang kehilangan sekamnya selama masa penumpukan merupakan kariopsis telanjang, sedangkan biji serealia yang sekamnya tidak hilang merupakan kariopsis terbungkus.

Contoh tanaman serealia

Dilansir dari Food and Agriculture Organization of The United Nations, berikut adalah contoh tanaman serealia:

Baca juga: 3 Jenis Beras yang Paling Sehat untuk Dikonsumsi, Bukan Beras Putih

1. Jagung

Jagung ditanam secara luas di seluruh dunia dan memiliki produksi tertinggi dari semua jenis serealia dengan 817 juta ton diproduksi pada tahun 2009.

Jagung merupakan makanan pokok di banyak negara, serta digunakan untuk pakan ternak dan banyak produk makanan lainnya.

2. Quinoa

Quinoa tumbuh di daerah gersang dan semikering tetapi sangat mudah beradaptasi hingga bisa tumbuh di ketinggian 4.000 meter di atas permukaan laut.

Pada tahun 2008, Bolivia dan Peru menyumbang 92 persen dari total produksi quinoa dunia, diikuti oleh Ekuador, Amerika Serikat, Argentina, dan Kanada.

3. Beras

Beras adalah makanan pokok bagi lebih dari separuh penduduk dunia dan merupakan tanaman serealia yang paling banyak diproduksi kedua setelah jagung.

Baca juga: Terinspirasi NASA, Teknik Pembibitan Baru Hasilkan Gandum Super

China, India, Indonesia, dan Pakistan adalah produsen beras terbesar di dunia. Dibandingkan tanaman serealia lainnya, beras membutuhkan lebih banyak air saat dikembangkan.

4. Sorgum

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com