Kompas.com - 27/08/2021, 11:29 WIB

KOMPAS.com - Erasthothenes adalah seorang ilmuwan asal Yunani. Dia hidup sekitar 250 tahun sebelum Masehi.

Erasthothenes memiliki semangat yang luar biasa untuk belajar. Bahkan, di masa mudanya, ia pergi hingga ke Athena untuk belajar.

Dia memiliki banyak talenta. Dia terkenal sebagai pustakawan, ahli geografi, ahli matematika, astronom, sejarawan, dan penulis puisi. Oleh karena itu, dia mendapatkan julukan Pentathlos. Julukan tersebut memiliki makna seseorang yang berkompetisi dalam lima kegiatan yang berbeda.

Peran Eratosthenes dalam geografi

Sumbangan Eratosthenes dalam geografi adalah mengukur panjang meridian Bumi. Selain itu, dia juga menemukan sistem garis lintang dan garis bujur yang menjadi acuan peta dunia.

Selain itu, dia juga meyakinkan bahwa Bumi berbentuk seperti bola. Sebagian besar orang yang mempelajari ini sejak zaman Aristoteles pada tahun 380 sebelum masehi telah mengetahui bentuk ini. Namun, tidak ada seorang pun yang mengetahui berapa besar ukurannya.

Erastosthenes menghitung panjang meridian Bumi dengan metode geometri dan trigonometri.
Ia melakukan pengamatan Matahari di dua tempat, yaitu Syene dan Alexandria. Syene saat ini kenal dengan Aswan.

Baca juga: Jarak Bumi dan Bulan Kian Jauh, Ini Efeknya Bagi Waktu

Setiap satu hari dalam satu tahun pada puncak tengah hari, Matahari akan bersinar tegak lurus. Ini berbeda dengan kebanyakan hari yang biasanya Matahari akan bersinar sedikit miring.

Hal tersebut diamati dari jatuhnya bayangan. Eratosthenes menyimpulkan bahwa pada hari itu, Matahari berada tepat di atas kepala. Satu hari ini biasanya akan jatuh diantara 20 Juni sampai 22 Juni setiap tahunnya.

Pada tempat kedua di Alexandria, ia juga mengamati hal yang sama. Bedanya, Matahari yang ia amati jatuh lebih selatan dibandingkan lokasi sebelumnya.

Dengan mengetahui fakta tersebut, jarak antara Alexandria dan Syene, serta mengetahui lengkung Bumi, Eratosthenes berhasil menghitung panjang meridian Bumi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.