Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Ungkap Makanan Orang Romawi Kuno Sebelum Letusan Gunung Vesuvius, Apa Itu?

Kompas.com - 27/08/2021, 09:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Ahli berhasil mengungkap apa saja makanan yang dikonsumsi orang-orang Romawi kuno, yang tinggal di sekitar Gunung Vesuvius sebelum meletus pada 79 M.

Hasil tersebut didapatkan setelah peneliti melakukan studi terhadap sisa-sisa manusia yang terkubur di kota kuno Herculaneum, kota selain Pompeii yang mengalami nasib serupa saat letusan Gunung Vesuvius.

Mengutip Gizmodo, Kamis (26/8/2021) meski tak tersisa apapun dalam perut korban letusan Vesuvius, itu tak menghentikan para arkeolog untuk mempelajari makanan orang Romawi kuno tersebut.

Baca juga: Menyelami Bekas Orang Romawi Kuno Berpesta, Ada di Bawah Laut

Dalam studi baru ini, peneliti melihat isotop dalam kolagen tulang dari 17 orang yang ditemukan di Herculaneum. Jenazah tersebut terdiri dari 11 pria dan enam wanita.

Berdasarkan isotop karbon dan nitorogen dalam sisa-sisa tulang mereka, tim menentukan bahwa laki-laki di Herculaneum makan sekitar 50 persen lebih banyak protein dari makanan laut daripada wanita.

Sementara wanita mendapatkan sumber protein mereka dari hewan darat, buah-buahan, dan sayuran.

Hal tersebut menurut Silvia Soncin, arkeolog di University of York dan juga penulis utama makalah ini dikarenakan pria memiliki lebih banyak akses untuk mencari ikan dibandingkan wanita.

Mereka pada umumnya memancing dan memegang posisi yang lebih istimewa di masyarakat.

"Kami tak tahu apakah hasil temuan ini khusus untuk wilayah Herculaneum dan Teluk Napoli atau diterapkan pula pada diet Romawi secara umum," kata Soncin.

Terlepas dari itu, hasil studi ini berbeda dari apa yang diperkirakan peneliti sebelumnya. Di mana orang Romawi kuno lebih banyak makan produk tanaman dan hanya sejumlah kecil produk hewani.

Lebih lanjut, peneliti merinci makanan di Teluk Napolo umumnya termasuk roti, minyak zaitun, unggas, hewan buruan, buah-buahan dan sayuran, dan tentu saja ikan.

Baca juga: Kompleks Pemandian Romawi Kuno Ditemukan di Spanyol, Seperti Apa?

Halaman:
Sumber Gizmodo
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com