Kompas.com - 26/08/2021, 20:30 WIB
Sarang tawon saat terkena cahaya putih dan sinar ultraviolet (Image credit: Bernd Schöllhorn and Serge BerthierSarang tawon saat terkena cahaya putih dan sinar ultraviolet

KOMPAS.com - Saat melakukan perjalanan ke hutan tropis di Vietnam utara, para peneliti secara tak sengaja menemukan sarang tawon.

Namun bukan sarang tawon seperti biasanya. Sarang tawon yang ditemukan ini dapat berpendar berwarna hijau saat terkena sinar ultraviolet.

Sarang yang terlihat seperti sekelompok sel heksagonal ini dibangun oleh spesies tawon kertas yang masuk dalam genus Polistes.

Baca juga: 5 Fakta Tawon Ndas yang Harus Diketahui, dari Waktu Aktif sampai Feromon

Mengutip Live Science, Kamis (26/8/2021) tawon menutup bagian bawah sel heksagonal dengan apa yang disebut tutup kepompong yang terbuat dari serat sutra. Tutup itu melindungi larva yang sedang tumbuh di dalam sarang.

Tetapi untuk alasan yang belum diketahui, tutup kepompong tersebut memancarkan cahaya kuning kehijauan saat tersorot sinar UV dengan panjang gelombang 360 hingga 400 nanometer.

"Kami sangat terkejut menemukan biomateri yang sangat berfluoresensi," kata Bernd Schollhorn, penulis senior dan profesor kimia di Universitas Paris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awal penemuan sarang tawon itu bermula ketika peneliti berangkat untuk menemukan seranga fluoresens yang tak dikenal di hutan hujan tropis, sehingga mereka dilengkapi dengan obor LED UV.

"Kami tak mencari sarang tawon secara khusus," ungkap Schollhorn.

Menurutnya, fenomena ini belum pernah diamati sebelumnya, baik oleh peneliti ilmiah maupun fotografer mana pun.

Dalam pengamatan peneliti, mereka menemukan saat sarang terkena cahaya putih maka tutup sarang akan tampak putih cerah.

Sementara fluoresensi hijau sarang mulai terlihat pada siang hari normal dan malam hari di bawah obor UV. Cahaya hijau terang itu juga dapat dilihat hingga 20 meter.

Setelah menemukan sarang bercahaya misterius ini, para peneliti sekarang bertanya-tanya apa tujuan fluoresensi pada tawon.

Baca juga: 2 Orang Jadi Korban, Begini Cara Aman Tangani Sarang Tawon Ndas

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.